Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kota Lama Semarang Kembali Digelar di Sepanjang Jalan Kenangan

Kompas.com - 21/09/2017, 19:03 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Festival tahunan Kota Lama Semarang kembali digelar, kali ini mulai 23-24 September 2017. Tahun ini festival yang kerap mengundang wisatawan mancanegara tersebut mengangkat tema "Sepanjang Jalan Kenangan".

"Tahun 2015 lalu Kota Lama Semarang masuk jadi list tentatif World Heritage UNESCO, jadi semuanya harus terus disiapkan menjadi destinasi Internasional. Termasuk adanya festival ini semikin mempopulerkan Kota Lama," ujar Jenny, Ketua Penyelenggara Festival Kota Lama 2017 dalam rilis pada KompasTravel, Selasa (19/9/2017).

BACA: 15 Turis Belanda Naik Becak Keliling Kota Semarang, Simak Penuturannya

Tahun ini Oen's Semarang Foundation (OSF) selaku penyelenggara festival bekerja sama dengan stakeholder dan rekan-rekan Kota Lama, juga beberapa komunitas berdomisili di Belanda, untuk menyelenggarakan Festival Kota Lama 2017.

Salah satu festival terbesar di Semarang itu mengangkat tema "Sepanjang Jalan Kenangan". Wisatawan bersama masyarakat Semarang diajak bersenang-senang di sepanjang jalan kenangan yaitu Jalan Merak.

Festival Kota Lama Semarang yang bertajuk Pasar Malam Sentiling 2014 dibuka di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/9/2014) malam, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Pasar Malam Sentiling digelar dalam rangka memperingati 100 tahun Koloniale Tentoonstelling 1914 di Semarang, salah satu dari 10 pameran terbesar di dunia pada 1910-1920. KOMPAS/AMANDA PUTRI Festival Kota Lama Semarang yang bertajuk Pasar Malam Sentiling 2014 dibuka di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/9/2014) malam, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Pasar Malam Sentiling digelar dalam rangka memperingati 100 tahun Koloniale Tentoonstelling 1914 di Semarang, salah satu dari 10 pameran terbesar di dunia pada 1910-1920.
"Bernostalgia menikmati suasana Kota Lama tempo dulu, mulai dari Pasar Malam Sentiling, gala dinner, bazar jajanan, fashion show, street dance, walking tour hingga acara menarik lainnya," ungkap Jenny.

Dalam dua hari, penyelenggaraan Festival Kota Lama Semarang berlangsung di hampir seluruh kawasan Kota Lama Semarang. Namun dengan berpusat di Jalan Merak - Jalan Perkutut - Jalan Kedasih - dan Kolam Retensi Tawang sebagai panggung utamanya.

BACA: Turis Inggris Ini Terpesona dengan Kampung Pelangi di Semarang

Tahun ini, lebih banyak acara yang bisa diikuti oleh wisatawan. Seperti walking tour, best gaun tempoe doeloe saat gala dinner, fashion show Batik Semarang, pameran mobil kuno, ragam pameran perjalanan kota Semarang, hingga talkshow.

"Festival Kota Lama 2017 akan menjadi ruang persahabatan antara Indonesia dengan Belanda. Festival Kota Lama keenam ini diharapkan menjadi kegiatan berskala internasional dengan bekerjasama dengan beberapa pihak mancanegara," tutup Jenny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com