Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jungwok, Pantai Berpasir Putih di Selatan Yogyakarta

Kompas.com - 12/10/2017, 20:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pesisir Selatan Pulau Jawa memiliki pesona tersendiri untuk dijelajahi. Di sana terdapat deretan pantai dengan berbagai karakter yang cocok menjadi pelepas penat. Salah satunya adalah Pantai Jungwok yang masuk wilayah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Berjarak tempuh tiga jam berkendara dari Kota Yogyakarta, wisatawan akan mendapati pantai berpasir putih dengan air laut jernih dan pemandangan karang-karang besarsebagai pemecah ombak.

"Saya tahu Pantai Jungwok ini dari internet. Bagus pantainya, pasirnya putih masih sepi juga. Kayaknya belum banyak yang tahu pantai ini," kata Adit yang mengunjungi Pantai Jungwok dari Solo. Ia mengaku menempuh perjalanan 2,5 jam berkendara.

Wisatawan djiPantai Jungwok, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Wisatawan djiPantai Jungwok, Gunungkidul, Yogyakarta.

Jauhnya jarak ke Pantai Jungwok bisa jadi membuat pantai ini kurang populer dibanding pantai lainnya daerah selatan Yogyakarta. Namun karena itu pula, Pantai Jungwok justru jadi kian menarik.

BACA: Sowan ke Dapur Mbah Marto di Yogyakarta, Memasak Sejak Zaman Belanda

Tak ada sinyal operator handphone dan hanya ada sedikit wisatawan menjadikan Pantai Jungwok terasa seperti pantai pribadi. Lingkungan pantai juga terbilang bersih dan alami. 

Meski garis pantai terbilang pendek, sekitar satu kilometer, Pantai Jungwok tetap menarik. Ada bagian pantai dengan karang berlubang, ketika ombak besar menghantam karang kemudian berbuih dan masuk ke dalam karang.

Pantai Jungwok di Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Pantai Jungwok di Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebagai peringatan, dilarang berenang di Pantai Jungwok. Sebab karakteristik pantai di Selatan Pulau Jawa yang berombak tinggi dengan permukaan karang.

Di dekat Pantai Jungwok juga terdapat banyak pantai seperti Pantai Wediombo dan Pantai Greweng. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Jungwok adalah saat waktu matahari terbit di pagi hari.

Namun ada baiknya siapkan kendaraan, karena jalan menuju Pantai Jungwok terbilang belum begitu mulus di beberapa titik dan cenderung sempit. Sedangkan untuk fasilitas, banyak warga sekitar yang membuka warung dan fasilitas MCK bagi pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com