Pascakebakaran, Hari Ini Museum Bahari Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 23/01/2018, 06:10 WIB
Wisatawan berpose di salah satu kapal koleksi Museum Bahari. Foto diambil Maret 2017. KOMPAS.com/SILVITA AGMASARIWisatawan berpose di salah satu kapal koleksi Museum Bahari. Foto diambil Maret 2017.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dilanda kebakaran beberapa waktu lalu, Museum Bahari, akhirnya resmi dibuka kembali Selasa (23/1/2018).

"Kita sedang persiapan untuk membuka kembali museum, besok (hari ini) tanggal 23 Januari 2018 jam 9," ujar Tini Budiati, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, kepada KompasTravel saat dihubungi, Senin (22/1/2018).

Wisatawan sudah bisa mengunjungi Museum Bahari mulai hari ini, tetapi dengan keterbatasan kondisi museum yang belum pulih 100 persen.

(Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Perahu Cadik Bali yang Terbakar di Museum Bahari)

Tini mengatakan, museum akan dibuka hanya pada ruangan yang tidak terbakar. Untuk area yang terbakar akan diberi pembatas agar pengunjung tidak memasuki area berbahaya.

Pembukaan museum juga dibenarkan oleh Kepala Museum Bahari, Husnison Nizar. "Ya (museum buka kembali) di bagian yang tidak terkena musibah kebakaran," ujarnya.

(Baca juga : Berita Foto: Potret Museum Bahari dari Masa ke Masa Sebelum Terbakar)

Husnison mengatakan kebakaran itu terjadi di sisi utara museum. Hari ini wisatawan baru bisa mengunjungi kawasan selatan, timur, dan barat.

Selain wisatawan belum bisa mengunjungi tempat yang terkena musibah kebakaran, juga belum bisa menyaksikan kondisi koleksi yang ikut terbakar. 

Menurut Husnison, kebakaran yang terjadi Selasa (16/1/2018) mengakibatkan koleksi miniatur model dan alat-alat navigasi bersejarah hangus terbakar.

Kondisi Museum Bahari, Senin (22/1/2018). Pihak museum terus mempersiapkan dibukanya kembali museum tersebut setelah terbakar seminggu lalu. KOMPAS.COM/SETYO ADI Kondisi Museum Bahari, Senin (22/1/2018). Pihak museum terus mempersiapkan dibukanya kembali museum tersebut setelah terbakar seminggu lalu.
Untuk tiket masuk museum, ia mengatakan masih tetap yakni Rp 5.000 untuk satu orang. "Insya Allah Pak Gub (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) akan membuka pertama," kata Tini Budiati. 

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan, Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara. Museum ini sarat sejarah kemaritiman Nusantara, mulai era tradisional berbagai suku di Indonesia, hingga modern.

Tak hanya soal koleksinya yang istimewa, museum ini pun punya perjalanan sejarah yang luar biasa. Bangunan dan menaranya menjadi saksi kejayaan VOC yang memperdagangkan kekayaan alam Nusantara kala itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X