Berita Foto: Potret Museum Bahari dari Masa ke Masa Sebelum Terbakar

Kompas.com - 16/01/2018, 20:00 WIB
Bagian dalam Museum Bahari yang terbakar Selasa (16/1/2018). Kompas/Setyo AdiBagian dalam Museum Bahari yang terbakar Selasa (16/1/2018).
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Bahari, Jakarta pada Selasa (16/1/2017) pagi sekitar pukul 08.50 WIB terbakar di beberapa bagian. Dari hasil olah tempat kejadian perkara, Gedung C Museum Bahari serta beberapa koleksi museum ludes terbakar.

Museum Bahari punya perjalanan sejarah yang luar biasa. Bangunan dan menaranya menjadi saksi kejayaan VOC yang memperdagangkan kekayaan alam Nusantara kala itu.

Saat masa jayanya yaitu abad ke 17, VOC menyimpan banyak kekayaan Nusantara di gudang ini. VOC yang merupakan persekutuan dagang Belanda meyimpan, memilah, menjemur, dan mengepak stok-stok rempah seperti kopi, teh, dan cengkeh di gudang ini.

(Baca juga : 7 Fakta Museum Bahari Jakarta yang Terbakar)

Tak hanya itu, di bagian gudang sebelah barat, juga kerap digunakan untuk penyimpanan sejumlah komoditi berharga yang dijual di Nusantara. Seperti tembaga, timah hingga tekstil milik VOC.

Berikut foto-foto beberapa bagian Museum Bahari yang terekam lewat lensa sebelum kebakaran.

Suasana bagian dalam Museum Bahari, Jakarta, Jumat (13/1/2017).Dok. Agustaman Suasana bagian dalam Museum Bahari, Jakarta, Jumat (13/1/2017).
Suasana bagian dalam Museum Bahari, Jakarta, Jumat (13/1/2017).Dok. Agustaman Suasana bagian dalam Museum Bahari, Jakarta, Jumat (13/1/2017).
Lantai dua Museum Bahari di salah satu gedung, yang dahulu digunakan VOC sebagai tempat menjemu rempah rempah.Kompas.com/Silvita Agmasari Lantai dua Museum Bahari di salah satu gedung, yang dahulu digunakan VOC sebagai tempat menjemu rempah rempah.
Tembok Batavia, tembok Museum Bahari Jakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Tembok Batavia, tembok Museum Bahari Jakarta.
Wisatawan berpose di salah satu kapal koleksi Museum Bahari.KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Wisatawan berpose di salah satu kapal koleksi Museum Bahari.

Museum Kebaharian Indonesia, di JakartaKOMPAS.COM / WAHYU A. PRODJO Museum Kebaharian Indonesia, di Jakarta
Tampak kawasan Museum Bahari (bangunan sebelah kiri) dari atas Menara Syahbandar, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016) pagi. Pemandangan yang sama pernah diabadikan pada tahun 1950, dengan kondisi depan Museum Bahari yang persis berbatasan dengan laut yang sekarang berubah menjadi jalanan dan kios-kios Pasar Ikan Luar Batang. 








Andri Donnal Putera Tampak kawasan Museum Bahari (bangunan sebelah kiri) dari atas Menara Syahbandar, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016) pagi. Pemandangan yang sama pernah diabadikan pada tahun 1950, dengan kondisi depan Museum Bahari yang persis berbatasan dengan laut yang sekarang berubah menjadi jalanan dan kios-kios Pasar Ikan Luar Batang.
Tembok kota sisi Museum Bahari yang sudah di bersihkan.
Aditya W Fitrianto Tembok kota sisi Museum Bahari yang sudah di bersihkan.
Museum Bahari dilihat dari Menara Syahbandar, Jakarta, Jumat (13/1/2017).Dok. Agustaman Museum Bahari dilihat dari Menara Syahbandar, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Suasana di dalam Museum Kebaharian, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016). Pengunjung Museum Kebaharian paling banyak dari wisatawan mancanegara, dengan desain bangunan khas Eropa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. 











Andri Donnal Putera Suasana di dalam Museum Kebaharian, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016). Pengunjung Museum Kebaharian paling banyak dari wisatawan mancanegara, dengan desain bangunan khas Eropa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (18/3/2015)Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.COM Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (18/3/2015)

Miniatur perahu mengisi salah satu sudut ruang pamer Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan 1 Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (30/1/2013). Hasil registrasi ulang tahun 2011-2012, museum tersebut memiliki 768 koleksi. Sekitar 200 item di antaranya adalah benda asli dan sisanya berupa miniatur atau replika.

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Miniatur perahu mengisi salah satu sudut ruang pamer Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan 1 Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (30/1/2013). Hasil registrasi ulang tahun 2011-2012, museum tersebut memiliki 768 koleksi. Sekitar 200 item di antaranya adalah benda asli dan sisanya berupa miniatur atau replika.

Tampak bangunan Museum Kebaharian yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016). Bangunan ini dulunya merupakan gudang rempah yang digunakan VOC untuk menampung rempah-rempah yang didapat dari Nusantara. 








Andri Donnal Putera Tampak bangunan Museum Kebaharian yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016). Bangunan ini dulunya merupakan gudang rempah yang digunakan VOC untuk menampung rempah-rempah yang didapat dari Nusantara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X