Bukit Asah, Tempat Kemah di Bali untuk Lihat Sunset dan Sunrise

Kompas.com - 26/01/2018, 13:20 WIB
Bukit Asah di Desa Bug Bug, Karangasem, Bali. Kompas.com/Silvita AgmasariBukit Asah di Desa Bug Bug, Karangasem, Bali.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukit Asah, di Karangasem menjadi alternatif wisata baru di Bali bagian Timur. Lokasi yang tadinya merupakan tempat wisata masyarakat Desa Bug Bug kini dikenal sebagai destinasi unggulan Karangasem.

"Dulu Bukit Asah ini kebun kacang panjang. Warga sekitar menyebut tempat ini panggian atau tempat pertemuan dewa dan manusia," kata salah satu pengelola Bukit Asah, Wayan Sudarama saat ditemui KompasTravel di Bukit Asah, Selasa (23/1/2018).

Keindahan Bukit Asah memang membuat terkesima. Letaknya di tebing atas laut. Dari Bukti Asah wisatawan dapat melihat birunya air laut, tebing karang yang menjulang tinggi, dan Pantai Virgin yang memiliki hamparan pasir putih.

"Kalau warga desa sering buat acara kumpul-kumpul seperti reuni atau sehari setelah Nyepi, kami piknik bersama di sini," kata Wayan.

Setahun belakangan warga Desa Bug Bug serius menggarap Bukit Asah menjadi destinasi wisata yang laik untuk wisatawan luar desa. Melalui dana Lembaga Perkreditan Desa, mereka memperbaiki akses jalan, membeli tenda untuk disewakan, membangun toilet, dan memberi akses listrik.

Tend yang disewakan di Bukit Asah di Desa Bug Bug, Karangasem, Bali.Kompas.com/Silvita Agmasari Tend yang disewakan di Bukit Asah di Desa Bug Bug, Karangasem, Bali.

"Sekarang ada 18 tenda besar dan 20 tenda sedang. Bisa sewa kalau mau kemah di sini," kata Wayan. Ia menyebutkan harga sewa tenda ukuran besar per malam adalah Rp 300.000. Tenda tersebut terbagi menjadi dua ruang, yang masing-masing dilengkapi kasur berkapasitas dua orang.

Sedangkan harga sewa tenda ukuran sedang adalah Rp 150.000 per malam, dapat memuat maksimal empat orang. Di depan tenda terdapat lampu taman dan soket listrik.

"Banyak wisatawan luar negeri kalau di sini. Biasanya Jerman, karena mereka lebih suka luar ruang. Ada juga itu turis rusia," kata Wayan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X