Kompas.com - 29/01/2018, 15:11 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Di manakah menikmati keindahan sawah Bali yang otentik? Di manakah mendengarkan bunyi kodok saling bersautan dengan nyanyian bebek? Di manakah tempat untuk  menenangkan hati dan pikiran? Di manakah penginapan yang terbaik untuk kita singgahi?

Dengan jujur saya katakan jawabannya adalah Umah Bali Villa yang terletak di Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

(Baca juga : 2 Air Terjun Hits di Sekitar Ubud, Bali)

Sekali saja pembaca KompasTravel menginap di Umah Bali Villa ini, akan ketagihan seumur hidup. Pasalnya, pemandangan alam hijau yang dikelilingi sawah, suara burung berkicau, semua anugrah alam itu ada di vila ini.

Umah Bali Villa di Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
MADE AGUS WARDANA Umah Bali Villa di Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Sore itu jam 17.00 saya berjalan mengelilingi sawah yang berlumpur. Pohon padi mulai tertanam mungil. Seorang petani sebut saja "Pan Klenang" dengan tenang menyabit rumput liar, sambil menghalau bebek ternaknya.

Senyuman yang khas menyambut saya yang tiba di depan sawahnya. "Saking napi, wenten napi driki Pak?" (Bapak dari mana dan kenapa berada disini?) tanya "Pan Klenang."

(Baca juga : Tren Wisata ke Ubud, Apa yang Dicari Para Wisman di Sana?)

Saya langsung jawab dengan senyum menawan, "Tiang saking Denpasar, melali nike pak!" (Saya dari Denpasar, jalan-jalan di sini Pak).

Kamar Umah Bali Villa di Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
MADE AGUS WARDANA Kamar Umah Bali Villa di Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Sapaan seperti di atas mengingatkan kita keramahan warga lokal yang membuat kita merasa betah di Desa Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar ini.

Sementara itu, ratusan bebek berjejer rapi, seolah-olah bercerita akan kesuburan sawah ini. Mengorek tanah lumpur mencari aneka cacing, mencotot apa saja yang dilihatnya.

(Baca juga : Tak Sekadar Liburan, Anda Bisa Coba Wisata Kesehatan di Ubud)

Begitu cuek dan bahagianya bebek-bebek menikmati alam habitatnya. Saling cubit, berloncat dan cerewet dengan bahasa khasnya: "kwek kwek kwek..."  

Ah, cerewet banget si bebek ini! Suasana inilah yang merindukan hati, ingin tetap berada di desa ini dan tinggal dengan nyaman di Umah Bali Villa untuk jangka waktu yang lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.