Kompas.com - 16/12/2017, 18:00 WIB
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

UBUD, KOMPAS.com – Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Bali tak hanya menikmati indahnya panorama pantai juga pegunungan. Tak sedikit dari mereka yang memilih untuk menikmati wisata kesehatan di Bali, tepatnya di Ubud.

Seperti halnya wisatawan yang datang ke Como Shambhala Estate. Hotel tersebut memiliki program kesehatan untuk para pengunjung yang menjadi daya tarik para wisatawan mancanegara.

(Baca juga : Mengapa Sedikit Wisatawan Indonesia Tertarik dengan Wisata Kesehatan?)

“Pertama (yang paling banyak datang) wisatawan dari Amerika, Australia, United Kingdom, Jerman, Hongkong, dan Singapura. Kalau di luar negeri ini lagi tren, makanya mereka datang dan cari ke sini,” kata Regional Director of Marketing Communication Como Shambhala Estate Bali, Lucia Dhenok kepada KompasTravel saat ditemui di Como Shambhala Estate, Ubud, Bali, Jumat (15/12/2017).

Program kesehatan sendiri merupakan gabungan antara treatment atau beberapa terapi tradisional, akitivitas di luar ruangan, juga konsumsi makanan sehat.

Pilates Studio di Como Shambala Estate, Ubud, Bali, Jumat (15/12/2017).KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Pilates Studio di Como Shambala Estate, Ubud, Bali, Jumat (15/12/2017).
Lucia menyebut wisatawan mendapatkan keseimbangan jiwa dan raga dan bisa menerapkan hidup sehat sehari-hari setelah melakukan program kesehatan.

Kala mengikuti program kesehatan, wisatawan memiliki tujuan yang berbeda. Lucia mengatakan, kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Como Shambhala Estate melakukan treatment, seperti ayurveda, akupuntur, hydrotherapy, nutrition, reflexology, yoga, dan pilates.

(Baca juga : Tak Sekadar Liburan, Anda Bisa Coba Wisata Kesehatan di Ubud)

“30 persen tamu kita itu melakukan treatment wellness program. Nah treatment-nya (yang dilakuan) sendiri juga tergantung dengan kondisi tubuh dan tujuan mereka untuk ikut program ini. Apa saja yang mau diperbaiki, misalnya pikiran, fisik, dan jiwa. Biasanya mereka pinginnya kesembuhan kalau ada masalah kesehatan,” kata dia.

Sebagian dari wisman yang datang, kata Lucia, sudah mengetahui soal program kesehatan di Como Shambhala Estate. Lucia mengatakan wisatawan akan memilih salah satu program kesehatan yang ditawarkan.

Como Shambala Estate di Ubud, Bali, Jumat (15/12/2017).KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Como Shambala Estate di Ubud, Bali, Jumat (15/12/2017).
Dia mencontohkan wisatawan ingin detoksifikasi digital karena merasa sangat ketergantungan dengan gawai. Atas keluhan itu, program yang dianjurkan adalah stress management program.

Nah, treatment yang dilakukan dalam program ini beberapa diantaranya seperti meditasi dan massage yang membuat orang tersebut lebih rileks.

(Baca juga : Bali, Tujuan Utama Wisata Kesehatan di Dunia)

Perlu diketahui, sebelum melakukan program kesehatan, wisatawan harus bertemu dengan  konsultan di sana untuk menentukan program mana yang dapat dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.