Kompas.com - 23/02/2018, 20:45 WIB
Kebun organik yang ada di Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAHKebun organik yang ada di Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).

LEMBANG, KOMPAS.com – Hujan rintik disertai udara yang begitu dingin meyelimuti kawasan Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bersantai memandangi panorama pegunungan sekitar begitu nikmat sambil sesekali menyeruput bajigur.

Hujan membuat saya tak bisa melangkah keluar dari restoran yang baru saja di-launching. The Bale Restaurant menawarkan menu makanan sehat menggunakan sayuran dan daging ayam organik.

Baca juga : Inilah 5 Destinasi Wisata Keluarga di Sekitar Lembang Bandung Barat

Pemilik The Lodge Group, Heni Nurhaeni Smith mengatakan bahwa bahan-bahan yang digunakan oleh restorannya diambil dari kebun organik miliknya masih di kawasan Mulberry Hill.

“Saya buka restoran ini dengan konsep organik, jadi kita tanam (sayuran organik) dan ambil sendiri,” kata Heni dalam acara launching The Bale Restaurant di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).

Pemilik The Lodge Group, Heni Nurhaeni Smith dalam acara launching The Bale Restaurant di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Pemilik The Lodge Group, Heni Nurhaeni Smith dalam acara launching The Bale Restaurant di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).

Ia menjelaskan, para tamu yang akan makan di restoran tersebut bisa memetik langsung sayuran yang ada di kebun. Nantinya chef akan memberikan menu terlebih dahulu. Setelah itu tamu pun memilih menu mana yang akan disantap, baru lah mereka memanen sendiri sayuran yang dipilih dan dimasak oleh chef.

Baca juga : Sedang Tren di Bandung, Wisata Foto Berlatar Tebing Lembang

Saya pun penasaran ingin melihat bagaimana kebun milik Heni yang ditanami dengan sayuran organik tersebut. Setelah hujan mulai reda, saya beserta kawan lainnya pun bergegas mengunjungi kebun tersebut.

Perjalanan dari restoran ke kebun tersebut tak begitu jauh. Akan tetapi kami harus menggunakan mobil golf untuk bisa sampai di sana, sebab jalanan begitu licin imbas hujan turun begitu deras.

Setelah sampai, saya sedikit berjalan kaki dan sampai di kebun. Heni menjelaskan, luas lahan kebun yang ditanami tanaman organik sekitar 2.000 meter persegi.

Kebun organik yang ada di Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Kebun organik yang ada di Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).

Kebun terbagi dua, yakni green house yang tertutup dengan semacam plastik bening seluas kurang lebih 80 x 14 meter persegi dan kebun yang terbuka.

Di dalam green house, beberapa sayuran yang masih tertanam terlihat begitu segar, tetapi juga beberapa lahan sudah kosong karena baru saja di panen untuk diolah di restoran.

Di sini pun saya berkeliling melihat sayuran-sayuran yang ada, seperti bunga kol, brokoli, buncis, selada keriting, bayam jepang, bawang daun, terong ungu, dan tomat.

Sayuran organik yang ada di kebun organik Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Sayuran organik yang ada di kebun organik Mulberry Hill by The Lodge, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/2/2018).

Nah, sebenarnya saya pun diperbolehkan untuk memanen sayuran yang sudah dipanen. Namun sayang, saat itu petugas yang menjaga green house pun tak kunjung datang sehingga tak tersedia alat potong.

Namun, perlu diketahui untuk bisa berkunjung ke kebun organik ini syaratnya adalah wisatawan harus memesan makanan di The Bale Restaurant. Sebelum ke sana sebaiknya menghubungi atau melakukan reservasi terlebih dahulu.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X