Tips Berfoto dengan Komodo, Hasil Bagus dalam Jarak Aman - Kompas.com

Tips Berfoto dengan Komodo, Hasil Bagus dalam Jarak Aman

Kompas.com - 01/04/2018, 12:21 WIB
Wisatawan berfoto dengan komodo dan ranger Sulaiman di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.Julianus Ebol Wisatawan berfoto dengan komodo dan ranger Sulaiman di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.

 JAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur bukan hanya menjadi bucket list orang Indonesia, melainkan juga wisatawan luar negeri. Inilah lokasi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, habitat asli hewan purba komodo yang hanya ada di Indonesia.

Selain melihat komodo, banyak wisatawan yang juga ingin mengabadikan kunjungannya dengan berfoto. Berfoto dengan komodo sah-sah saja, tetapi harus mengikuti aturan ranger TN Komodo.

"Selalu jaga jarak aman empat sampai lima meter dari komodo," kata kata ranger di TN Komodo Pulau Rinca, Sulaiman, saat berkunjung ke TN Komodo pasca acara Penanggulangan Sampah di Labuan Bajo oleh BNI dan Plataran di Labuan Bajo, Kamis (29/3/2018).

Baca juga : Bolehkah Perempuan yang Sedang Menstruasi Mengunjungi Habitat Komodo?

Selain itu Sulaiman juga menjelaskan agar pengunjung jangan membuat gerakan mendadak, melambai-lambaikan barang, dan bersuara kencang dekat komodo.

"Komodo ini larinya cepat, 18-20 kilometer per jam, sama seperti manusia hanya gerakan larinya dengan empat kaki," kata Sulaiman.

Selain itu komodo juga memiliki jarak penciuman sampai lima kilometer. Penciuman menjadi andalan komodo untuk berburu karena penglihatannya buruk.

Sulaiman kemudian mempersilahkan bagi pengunjung yang ingin berfoto bersama komodo. Semua harus dilakukan di bawah pengawasannya.

Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Taman Nasional Komodo?

Ia juga mengatur jarak aman pengunjung berfoto dengan komodo, yakni empat meter. KompasTravel beberapa kali mencoba memotret pengunjung bersama komodo. Namun hasil foto terbilang tak maksimal karena jarak yang memotret juga harus dalam jarak aman dari komodo.

Selain itu harus melakukan pengaturan fokus yang sempurna agar mendapatkan foto komodo dan pengunjung secara bersamaan.

"Boleh saya coba fotokan, tetapi pakai kamera handphone saja," kata Sulaiman.

Ternyata hasil foto Sulaiman jempolan! Ia hafal jelas angle pengambilan foto yang baik untuk komodo dan pengunjung.

Wisatawan berpose dengan komodo dalam jarak aman yang ditentukan ranger.Ranger TN Komodo, Sulaiman Wisatawan berpose dengan komodo dalam jarak aman yang ditentukan ranger.
KompasTravel memerhatikan, Sulaiman berkongkok dengan jarak aman dari komodo. Kemudian mengambil foto dari sudut bawah, dan melakukan zooming (pendekatan) dari kamera handphone.

Pengunjung harus berpose dalam posisi jongkok di jarak aman dengan komodo di depannya. Alhasil jadilah foto seperti berpose di samping komodo ukuran besar. Pengunjung lain lantas antre meminta difoto setelah melihat hasil jepretan Sulaiman.

Baca juga : Selain Komodo, Ada 5 Destinasi Wisata di Sekitar Labuan Bajo

Beberapa warganet sempat bertanya mengenai ukuran asli Komodo dan jarak KompasTravel saat foto tersebut diunggah ke media sosial.

Padahal semua berkat kemampuan fotografi Sulaiman, ranger sekaligus fotografer andalan di TN Komodo Pulau Rinca.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X