Berfoto Ala Noni Belanda di Taman Srigunting Kota Lama Semarang, Mau?

Kompas.com - 03/04/2018, 22:15 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Berkunjung ke Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Anda tak hanya bisa merasakan sejarah masa lampau tetapi juga bisa bergaya ala Noni Belanda di Taman Srigunting.

Taman di tengah kawasan Kota Lama Semarang ini menyediakan berbagai properti berfoto yang cukup unik. Anda bisa bergaya layaknya tuan tanah ataupun saudagar Belanda zaman kolonial di sini.

Berlatarkan bangunan-bangunan tua, dan bunga yang bermekaran di taman ini, Anda bisa menggunakan properti kereta manusia, sepeda onthel, dan lainnya. Terdapat enam unit properti besar yang bisa Anda manfaatkan.

"Bayarnya seikhlasnya aja, kalau fotonya bagus ya monggo. Kita fotokan juga soalnya," tutur Hendri Setiawan, salah satu penyedia properti tersebut saat KompasTravel berkunjung, Rabu (28/3/2018).

Wisatawan bergaya ala noni Belanda di Taman Srigunting, Semarang, Rabu (28/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan bergaya ala noni Belanda di Taman Srigunting, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Ia mengaku sudah sejak tahun 2016 bersama rekannya menyediakan properti tersebut. Tujuannya untuk menambah variasi atraksi wisata yang bisa dinikmati wisatawan.

Sebelumnya, Taman Srigunting merupakan tempat beristirahat wisatawan yang mengunjungi Kota Lama Semarang. Di taman yang kian cantik ini juga biasanya wisatawan berfoto dengan latar Gedung Marba, dan Greja Blenduk dengan arsitektur khas zaman kolonial.

Hendri mengaku kegiatannya tersebut mandiri, menggunakan modal sendiri. Kendati demikian, ia pun tetap mengantongi izin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang selaku pengelola taman ini.

"Modal sendiri, satu becak ini bisa Rp 3-4 juta," ungkapnya.

Pesona Greja Blenduk dan Taman Srigunting, Kota Lama Semarang, Rabu (28/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pesona Greja Blenduk dan Taman Srigunting, Kota Lama Semarang, Rabu (28/3/2018).
Ia mengaku terbantu semenjak ada bus wisata "Si Kenang" city tour Semarang. , Menurutnya, bukan hanya wisatawan nusantara yang jadi kunsumennya, tetapi juga wisatawan mancanegara (wisman). Wisman yang datang dominannya berasal dari Belanda, didampingi dengan pemandu lokal.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang, bisa menyempatkan berkunjung dan berfoto di Taman Srigunting, Kota Lama ini. Foto-foto ala Noni Belanda bisa jadi buah tangan yang penuh kenangan dari Semarang. Hendri dan temannya menyediakan jasa fotografi mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.