Kompas.com - 07/04/2018, 14:02 WIB
Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018). KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRISebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabtu (7/4/2018) mulai pukul 09.00, satu per satu pecinta kopi menyambangi gerai Caribou Coffee yang terletak di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Ini adalah kali kedua Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee dalam menggelar kelas kopi.

Kelas kopi kali ini bertema “Spilling the Beans”. Para peserta diajak menelaah biji kopi mulai dari aroma sampai tingkat keasaman.

Ada delapan jenis kopi yang disajikan, dengan tingkat bervariasi mulai dari light roast hingga dark roast. Cita rasanya pun beragam mulai dari earthy, nutty, hingga fruity.

Baca juga : Keren Banget, Ini Serunya Kelas Kopi Kompas.com Bersama Caribou Coffee

“Tiap biji kopi punya cita rasa, aroma yang berbeda. Saatnya kita mengupas satu per satu dengan bantuan aroma card,” tutur Vanda Puspa Lestari selaku Coffee Expert Caribou Coffee.

Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).
Aroma card berbentuk papan dengan penjelasan aroma lewat bahan segar yang disajikan.

Di atas meja disajikan aroma card dengan tambahan lemon segar, kacang, blueberry, kayu manis, dan masih banyak lagi. Beda biji kopi, beda lagi aroma cardnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Tips Membuat Kopi Manual Brew di Rumah

Tiap peserta juga diberikan kertas untuk mengisi hasil pemikiran mereka tentang masing-masing biji kopi. Peserta mengisi sendiri tingkat aroma, body, acidity, hingga flavour dan finish.

Aroma card berbentuk papan dengan penjelasan aroma lewat bahan segar yang disajikan. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Aroma card berbentuk papan dengan penjelasan aroma lewat bahan segar yang disajikan. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).
“Berguna banget acara hari ini. Dulu aku nggak tahu kopi ada begitu banyak ragam rasa. Penafsiran rasanya pun berbeda tiap orang, tergantung makanan yang biasa dikonsumsi sebelumnya,” tutur Desi, salah satu peserta “Spilling the Beans”.

Peserta lainnya, Amir, mengemukakan hal serupa. Menurutnya, acara kali ini sangat bermanfaat karena bisa mengupas tuntas seputar biji kopi.

“Sangat bermanfaat, seharusnya ada lagi acara seperti ini ke depannya,” tuturnya.

Peserta menghirup salah satu varian kopi, Caribou Blend. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Peserta menghirup salah satu varian kopi, Caribou Blend. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).
Para peserta juga mengikuti Social Media Competition dengan hadiah merchandise dari Kompas.com dan Caribou Coffee.

Bagi yang belum mendapat kesempatan untuk menjadi peserta, jangan khawatir, masih ada kelas kopi selanjutnya yang digelar oleh Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee. Tunggu pengumuman dari kami selanjutnya ya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.