Sekolah Pariwisata di Batam Jalin Kerja Sama dengan Skotlandia

Kompas.com - 03/05/2018, 19:22 WIB
City of Glasgow College yang merupakan perguruan tinggi pendidikan lanjutan di Glasgow, Skotlandia menjalin kerja sama  dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Batam, Kepri, Kamis (3/5/2018). KOMPAS.com/HADI MAULANACity of Glasgow College yang merupakan perguruan tinggi pendidikan lanjutan di Glasgow, Skotlandia menjalin kerja sama dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Batam, Kepri, Kamis (3/5/2018).

BATAM, KOMPAS.com - City of Glasgow College yang merupakan perguruan tinggi pendidikan lanjutan di Glasgow, Skotlandia menjalin kerja sama dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Batam, Kepri.

Perguruan tinggi yang baru diciptakan dari penggabungan tiga perguruan tinggi Glasgow ternama di Skotlandia ini seperti Central College, Glasgow Metropolitan College dan Glasgow College of Nautical Studies ini, nantinya akan membuka kelas kuliner di Batam.

Kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata, khususnya bidang kuliner. Menariknya dalam kelas yang dibuka dari kerja sama ini, terbuka untuk umur dan semua umur.

"Jadi tidak ada batasan umur, siapa saja yang ingin meningkatkan ilmunya di bidang kulineri bisa mendaftarkan diri. Bahkan untuk yang hanya tamatan SMP juga bisa bergabung di kelas baru BTP ini nantinya," kata Direktur BTP M Nur A Nasution, Kamis (3/5/2018).

Suasana kota Batam, Kepulauan RiauKOMPAS.COM/ HADI MAULANA Suasana kota Batam, Kepulauan Riau
Untuk Indonesia, menurut Nur, BTP merupakan sekolah pariwisata pertama yang melakukan MoU dengan sekolah pariwisata tingkat dunia.

"Untuk sistem pembelajarannya nantinya kami akan dibantu dengan Global Education Initiatives dan setiap peserta didik akan mendapatkan dua sertifikat, yakni National certificate atau setara D1 dan HND (Higher National Diploma) setara D3," kata Nur.

Menariknya, para peserta didik yang sudah selelai bisa langsung bekerja di bidang pariwisata khususnya di restoran dan perhotelan.

"Bahkan jika ada yang ingin melanjutkan ke City of Glasgow College untuk mengambil ke tingkat yang lebih tingi lagi, otomatis akan sangat mudah dan prosesnya juga terbilang gampang," ujar Nur.

"Kami berharap dengan kerja sama ini, mampu meningkatkan kualitas pariwisata di Batam, khususnya di SDM, sehingga bisa mengimbangi dengan kualitas SDA yang ada di Batam, Kepri," katanya.

City of Glasgow College yang merupakan perguruan tinggi pendidikan lanjutan di Glasgow, Skotlandia menjalin kerja sama dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Batam, Kepri, Kamis (3/5/2018).KOMPAS.com/HADI MAULANA City of Glasgow College yang merupakan perguruan tinggi pendidikan lanjutan di Glasgow, Skotlandia menjalin kerja sama dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Batam, Kepri, Kamis (3/5/2018).
Hal senada disampaikan Amanda Davis, Curriculum Head Food City of Glasgow College. Dia mengatakan dalam proses pendidikan ini natinya akan dilakukan lebih kurang lima bulan. Begitu selesai, para peserta dijamin bisa menjadi kuliner profesional.

"Kami juga menjamin, keluar dari kelas ini peserta didik bisa langsung bekerja di bidang pariwisata, khususnya kuliner," kata Amanda.

Untuk biaya, lanjut M Nur, cukup terjangkau dan kelas ini akan dibuka awal September 2018.

"Per kelas nantinya tidak lebih dari 24 orang, hal ini bertujuan agar hasil yang dicapai peserta didik benar-benar berkualitas, dan mampu meningkatkan pariwisata di Batam, khususnya untuk hotel-hotel berbintang yang ada di Batam," tambah Nur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X