Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Merapi Meletus, Bandara Adisutjipto Ditutup Sementara

Kompas.com - 11/05/2018, 11:38 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terkait dengan kondisi Gunung Merapi yang mengalami erupsi kembali disertai dengan gemuruh, Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta ditutup.  

“Dampak erupsi Merapi, Bandara Adisutjipto Yogyakarta berdasarkan hasil paper test, Bandara ditutup sementara,” tulis Head Corporate Communication Angkasa Pura I Awaluddin kepada KompasTravel, Jumat (11/5/2018).

Untuk sementara waktu Bandara Adisutjipto ditutup pada siang ini mulai pukul 11.25 WIB. Perkiraan penutupan hingga 30 menit ke depan.

Baca juga : Gunung Merapi Meletus, Pendakian Ditutup

Meski demikian, lanjut Awaluddin, tetap akan ada beberapa hal atau antisipasi yang dilakukan oleh pihak Angkasa Pura.

“Angkasa Pura terus berkoordinasi dengan pihak-pihak Airlines, Airnav, Otban serta pihak terkait lainnya, dan juga terus melakukan monitor dengan BNPB (terkait erupsi Gunung Merapi),” kata Awaluddin.

Adapun sebelumnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Klaten, Megelang, Boyolali dan Sleman itu saat meletus melontarkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik.

"Letusan berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan adalah letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi," kata Sutopo melalui rilis. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com