Ini Agenda Wisata Kota Bogor Sepanjang Agustus 2018

Kompas.com - 18/07/2018, 12:04 WIB
Wisatawan memadati Kebun Raya Bogor, salah satunya di tugu yang mengenang meninggalnya istri dari Thomas Stamford Raffles, Selasa (23/5/2017). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWisatawan memadati Kebun Raya Bogor, salah satunya di tugu yang mengenang meninggalnya istri dari Thomas Stamford Raffles, Selasa (23/5/2017).

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat telah menyiapkan lima agenda besar sepanjang bulan Agustus 2018 yang dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekaligus memeriahkan Asian Games.

"Sepanjang Agustus Kota Bogor ada lima agenda besar baik skala lokal, nasional hingga internasional," kata Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, di Bogor, Rabu (18/7/2018).

Ade merincikan, lima agenda tersebut yakni, Festival Merah Putih (FMP) dalam rangka menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Baca juga: Ini Pemandangan di Dasar Curug Baliung, Leuwi Lieuk, Leuwi Cepet Bogor

FMP ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraannya di Kota Bogor. Rangkaiannya dimulai dari awal Agustus dengan memasang 17.845 bendera di sepanjang jalan protokol selama satu bulan.

Rangkaian berikutnya mengarak bendera merah putih raksasa berukuran 5 x 100 meter dari Balaikota menuju Lapangan Pusdikzi, Jalan Sudirman, Kota Bogor pada Minggu, 5 Agustus 2018.

Peserta menyaksikan penampilan penyanyi Rizky Febian saat  peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2017). Peringatan dengan konsep bernuansa anak muda yang diikuti sekitar 1.000 pemuda berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia tersebut mengangkat tema Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Peserta menyaksikan penampilan penyanyi Rizky Febian saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2017). Peringatan dengan konsep bernuansa anak muda yang diikuti sekitar 1.000 pemuda berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia tersebut mengangkat tema Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama.
"Total ada 13 rangkaian FMP digelar, mulai dari pemasangan bendera Merah Putih di seluruh jalan protokol, pembukaan upacara FMP di Kebun Raya Bogor yang direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 11 Agustus 2018," kata Ade.

Baca juga: Ultah Kota Bogor, Museum-museum Ini Dibuka Gratis untuk Wisatawan

Agenda berikutnya pada tanggal 12 Agustus 2018 digelar pesta rakyat atau Helaran berupa pawai seni dan budaya yang dipusatkan di Jalan Sudirman sampai Taman Kencana.

"Helaran ini melibatkan sekitar 5.000 peserta baik pengisi acara maupun peserta pawai seni budayanya," katanya.

Baca juga: Kota Bogor, Tetirah di Kota Mozaik Sejarah

Kemeriahan lainnya yang akan digelar yakni pawai obor Asian Games 2018 yang akan melintasi Kota Bogor pada tanggal 14 Agustus 2018.

"Agenda ini merupakan hajat nasional, Kota Bogor menjadi satu dari sekian kota yang disinggahi obor Asian Games," katanya.

Aktivitas di aliran Kali Katulampa yang berada di kampung warna-warni, Desa Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.KOMPAS.com/Ramdhan Triyadi Bempah Aktivitas di aliran Kali Katulampa yang berada di kampung warna-warni, Desa Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.
Ade Sarip Hidayat menjelaskn, pelaksanaan arak-arakan obor Asian Games ke-18 berbarengan dengan peringatan Hari Pramuka Nasional Tahun 2018 yang jatuh pada 14 Agustus.

Khusus peringatan Hari Pramuka Tingkat Kota Bogor, lanjut Ade, dilaksanakan di Plaza Balaikota Bogor.

"Untuk Hari Pramuka kita coba diskusikan agar tidak berbenturan dengan agenda Asian Games," kata Ade yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X