Kompas.com - 21/09/2018, 18:18 WIB
ILUSTRASI - Wastafel kamar mandi hotel ThinkstockILUSTRASI - Wastafel kamar mandi hotel

KOMPAS.com - Jika Anda ingin bepergian secara ringan alias membawa baju dalam jumlah sedikit, maka Anda perlu tahu cara mencuci selama traveling.

Cara termudah memang memanfaatkan jasa laundry yang disediakan hotel. Namun, Anda perlu merogoh kocek yang dalam.

Jadi, cara termudah sekaligus hemat adalah mencuci sendiri. Anda bisa mencuci baju di kamar mandi yang tersedia di kamar hotel.

Selain berhemat, Anda juga tidak perlu membawa baju dalam jumlah yang banyak. Strategi mencuci sendiri saat traveling sangat cocok jika Anda bepergian lebih dari tiga hari. 

Deterjen

Pastikan Anda membawa deterjen dalam kemasan kecil saat traveling. Di Indonesia, deterjen dalam bentuk sachet mudah dibeli di warung-warung. Anda bisa membawa sendirinya dari rumah dengan mengemas deterjen bubuk dalam plastik-plastik kecil.

Beberapa orang lebih memilih deterjen bubuk untuk mencuci selama traveling. Sebab, khawatir jika deterjen cair mudah tumpah dan mengotori tas atau koper. Saya pribadi lebih menyukai deterjen cair karena lebih mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan sisa-sisa deterjen seperti halnya deterjen bubuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda memilih membawa deterjen cair, pastikan Anda menaruhnya di botol plastik kecil  dengan tutupan rapat. Lalu taruh botol ini di dalam plastik ziploc ukuran besar. Plastik ziploc tidak hanya berfungsi agar cairan deterjen tetap terjaga, tetapi juga berguna saat mencuci.

Deterjen cair cocok dibawa untuk traveling domestik. Jika bepergian ke luar negeri, lebih baik membawa dalam bentuk bubuk karena ada aturan ketat membawa cairan dalam pesawat ke luar negeri.

Hanger baju

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.