12 Rangkaian Festival Budaya di Bulan Oktober - Kompas.com

12 Rangkaian Festival Budaya di Bulan Oktober

Kompas.com - 04/10/2018, 17:13 WIB
Festival Keraton Nusantara (FKN) XI berlangsung 15-19 September 2017 di kota Cirebon, Jawa Barat yang dimeriahkan dengan gelaran kesenian dan kebudayaan dari 50 kesultanan dan raja-raja yang ikut dalam festival budaya tersebut.MARCELAHEA Festival Keraton Nusantara (FKN) XI berlangsung 15-19 September 2017 di kota Cirebon, Jawa Barat yang dimeriahkan dengan gelaran kesenian dan kebudayaan dari 50 kesultanan dan raja-raja yang ikut dalam festival budaya tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu yang tepat untuk menyambangi sebuah destinasi adalah ketika festival budaya digelar. 

Anda bisa mengenal sebuah daerah lewat festival budayanya. Beruntung, Indonesia punya banyak festival budaya yang digelar di berbagai daerah. Berikut daftar festival budaya bulan Oktober 2018 seperti dihimpun KompasTravel.

1.  Festival Kerinci, Jambi

Festival Kerinci atau Festival Masyarakan Peduli Danau Kerinci (FMPDK), merupakan acara tahunan Kabupaten Kerinci yang telah masuk dalam agenda pariwisata nasional. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 7 Oktober 2018 di Kawasan Wisata Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Pada Festival Kerinci kali ini akan menampilkan pawai budaya, tarian masal, lomba parno adat dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, serta lomba seni budaya. Selain itu, juga terdapat stan kuliner untuk memanjakan lidah para pengunjung.

2. Festival Pesta Budaya Asmat, Papua

Suku Asmat di Papua terkenal dengan kemampuannya membuat karya ukiran tanpa sketsa. Untuk itulah hadir Festival Budaya Asmat setiap tahunnya yang menyoroti hasil karya suku Asmat ini.

Acara ini akan diadakan pada tanggal 4 hingga 9 Oktober 2018 dengan tema “Kumandangkan Lagu dan Tifa”. Di Asmat, lagu adalah nyawa dari sebuah perayaan pesta di Asmat.

3. Festival Keraton Nusantara, Jawa Timur

Festival Keraton Nusantara merupakan sebuah ajang pertemuan antara raja – raja yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.

Acara ini melibatkan 50 istana yang ada di Indonesia dan tahun ini acara ini akan digelar di Sumenep, Jawa Timur pada 13 – 18 Oktober.

Festival kali ini merupakan gelaran ke 12 dengan menghadirkan pameran benda-benda suci, pertunjukan seni, seminar budaya, pertemuan raja-raja dan kesultanan di seluruh Nusantara, serta pertunjukan upacara budaya dan Kirab Prajurit Keraton.

4. Gebyar Pesona Budaya Garut 2018

Garut tidak hanya terkenal dengan dodolnya, tetapi juga kaya akan tradisi dan budaya. Gebyar Pesona Garut yang digelar pada 14 hingga 18 Oktober 2018  akan digelar untuk menunjukan tradisi dan budaya Garut.

Akan ada atraksi seni budaya seperti kirab Cingot, Domba Catwalk, batik garutan, pertunjukan seni, dan beberapa atraksi menarik lainnya.

5. Festival Pesona Raja Ampat

Diselenggarakan di Waisai Torang Cinta (WTC) pada 18 – 21 Oktober 2018, Festival Pesona Raja Ampat merupakan festival bahari yang mengkolaborasikan antara pesona maritim dan keragaman budaya Raja Ampat.

Dalam festival ini pengunjung dapat turut serta bergabung dan berinteraksi langsung dengan warga lokal untuk menikmati keseruan berbagai atraksi dan perlombaan, pentas seni, pameran, serta hiburan rakya.

6. Gandrung Sewu, Jawa Timur

Gandrung Sewu merupakan sebuah festival tari kolosal Gandrung di mana dalam pelaksanaannya jumlah penari yang membawakan tarian tersebut berjumlah ribuan orang.

Tari Gandrung sendiri merupakan sebuah tarian yang populer dan menjadi salah satu tarian khas kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada tahun ini Gandrung Sewu akan di selenggarakan di pesisir pantai Banyuwangi pada tanggal 20 Oktober 2018.

7. Festival Budaya Irau Malinau, Kalimantan Utara

Festival Budaya Irau Malinau (FBIM) merupakan festival kebudayaan yang digelar sebagai rangkaian acara peringatan HUT kota Malinau, Kalimantan Utara.

Festival ini digelar setiap 2 tahun sekali dengan menyuguhkan beragam kemeriahan seperti pertunjukan seni budaya, pameran dan aneka perlombaan.

Pada tahun ini perayaan akan berlangsung pada tanggal 26 Oktober 2018 dan merupakan perayaan ke-9 sebagai rangkaian perayaan HUT Kabupaten Malinau yang ke-19.

8. Festival Likurai Timor, NTT

Festival Likurai adalah festival yang menampilkan Tari Likurai yang merupakan tarian perang yang dimiliki oleh masyarakat pulau Timor. Tarian tersebut mengisahkan suatu pertarungan yang dilakukan oleh penduduk pulau Timor untuk mengusir penjajah pada masa penjajahan.

Festival ini diadakan selain untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia, juga untuk mendorong kelangsungan hidup pariwisata daerah kabupaten Balu.

Ribuan penari akan turut serta pada festival yang akan digelar 27 Oktober 2018 mendatang. Pada perayaan sebelumnya, Festival Likurai telah sukses memecahkan rekor MURI untuk kategori jumlah penari tradisional terbanyak.

9. Festival Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 merupakan sebuah festival seni dan budaya yang digelar berkat kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat serta beberapa LSM.

Pada festival tahun ini FDSBK akan menghadirkan pameran hasil kerajinan masyarakat setempat, kuliner khas lokal, dan berbagai kompetisi seperti kompetisi sumpit, kompetisi gasing, kompetisi kano, dan lomba minum madu.

Untuk tanggal pelaksanaannya telah ditetapkan bahwa festival tersebut akan digelar pada tanggal 27 hingga 29 Oktober 2018.

10. Kemilau Madura, Jawa Timur

Kemilau Madura 2018 akan berlangsung pada tanggal 28-29 Oktober 2018. Festival ini akan berlangsung di Kabupaten Pamekasan dan Sumenep. Festival ini menjadi festival seni dan budaya terbesar di Madura.

Karapan Sapi Klasik, lomba Sape Sono, karnaval Daul, Batik on the Street, dan pesta seni tradisional akan dihadirkan untuk memeriahkan festival. Festival ini melibatkan 4 kabupaten yang ada di pulau Madura yakni Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, juga Sampang.

11. Festival Pesona Moyo – Pulau Sumbawa, NTB

Mengusung kekayaan adat lokal serta alam khas Sumbawa, tahun ini Festival Pesona Mayo memasuki tahu ketujuh penyelenggaraan sejak digelar pertama kali pada 2012 lalu.

Festival ini akan digelar di Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dikenal akan kekayaan laut dengan berbagai terumbu karang alami yang indah.

Festival ini akan berlangsung 8 Oktober 2018 dengan rangkaian kegiatan seperti pacuan kuda, karapan kerbau, karnaval pesisiran, serta penanaman terumbu karang di Teluk Saleh.

12. Nusa Dua Festival

Nusa Dua Festival (NDF)  menjadi gelaran tahunan di Bali sejak tahun 1996. Memadukan berbagai kegiatan menarik, seperti atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga, dan hiburan lainnya.

NDF 2018 akan digelar pada 26 hingga 28 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali, tepatnya di kawasan Bali Tourism Development Corporaton.



Close Ads X