5 Kuliner Wajib Santap saat Berlibur di Garut - Kompas.com

5 Kuliner Wajib Santap saat Berlibur di Garut

Kompas.com - 04/10/2018, 21:05 WIB
Soto Haji Achri Garut, dimasak di atas tungku berbahan bakar kayu.KOMPAS.com/Syahrul Munir Soto Haji Achri Garut, dimasak di atas tungku berbahan bakar kayu.

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain bisa berkunjung ke beragam obyek wisatanya, belum sah bila Anda tak mencoba makanan atau kuliner yang ada Garut.

Pemilik sebutan Swiss Van Java ini memiliki ragam makanan dan minuman unik. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan dan minuman khas Garut yang bisa Anda coba, dihimpun oleh KompasTravel.

1. Soto Mang Ahri

H Endang tengah meramu soto di warungnya yang sederhana di Gang Hardjo, Jalan Mandalagiri, Pasar Baru, Garut, Jawa Barat. Dia merupakan generasi kedua soto Haji Achri yang legendaris itu.KOMPAS.com/ Syahrul Munir H Endang tengah meramu soto di warungnya yang sederhana di Gang Hardjo, Jalan Mandalagiri, Pasar Baru, Garut, Jawa Barat. Dia merupakan generasi kedua soto Haji Achri yang legendaris itu.
Salah satu kuliner legendaris di Garut adalah Soto Mang Ahri. Mulanya dan hingga saat ini kedai Soto Mang Ahri ini berada di Gang Hardjo, Pasar Baru Garut, di Jalan Mandalagiri. 

Dalam semangkuk soto ini berisi kuah soto bersantan dengan bumbu dan rempah pilihan.

Sementara isiannya adalah daging sapi, daun seledri, bawang goreng, dan taburan kacang kedelai goreng.

2. Es Goyobod

Es Goyobod GarutDOK. Jelajah Garut/ Echa Es Goyobod Garut

Nah salah satu minuman yang paling diburu saat bulan Ramadhan adalah es goyobod. Es goyobod yang paling terkenal ada di Alun-Alun Garut.

Es Goyobod Alun-alun ini berbahan tepung aren (goyobod), campuran buah alpukat, potongan roti tawar, pacar cina, kelapa muda, kolang-kaling, gula aren, dan ditaburi parutan es batu, serta sedikit kental manis.

3. Dodol Garut

Pekerja mengemas dodol merek Picnic, Garut.KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pekerja mengemas dodol merek Picnic, Garut.
Dodol juga menjadi sajian khas di Garut. Dodol Garut mempunyai tekstur lembut ,berbentuk memanjang dan rasanya manis.

Makanan ini berbahan dasar tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Rasa Dodol Garut saat ini lebih bervariasi, mulai dari rasa pandan, stroberi, nanas, dan sebagainya.

4. Cokelat Isi Dodol

Produk cokelat asal Garut, Chocodot.Kompas.com/Silvita Agmasari Produk cokelat asal Garut, Chocodot.
Sudah beberapa tahun belakang makanan kekinian adalah cokelat isian dodol. Toko yang membuat makanan ini bernama Chocodot. Beberapa gerainya kini sudah bisa Anda temukan di Kota Garut.

Selain rasa coklat, ragam rasa lain bisa Anda coba, mulai dari buah-buahan, daging, hingga rasa cabai.

5. Awug

AwugTribunjabar/Isa Rian Fadilah Awug

Lalu adalagi makanan bernama Awug. Makanan ini terbuat dari tepung beras, gula aren, dan kelapa parut. Bahan yang sama juga digunakan untuk membuat Kue Putu.

Tak sulit mencari awug. Anda bisa menemukannya di pinggir jalan, dijajakan oleh pedagang kaki lima. Paling mudah Anda bisa menemukannya di Pasar Ceplak Garut.

Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 3.000 untuk satu porsi awug dengan porsi besar.



Close Ads X