Mencicipi Kokoda, Kuliner Khas Kepulauan Fiji - Kompas.com

Mencicipi Kokoda, Kuliner Khas Kepulauan Fiji

Kompas.com - 18/11/2018, 08:06 WIB
Salah satu makanan khas Kepulauan Fuji yakni Kokoda, dalam acara Booking Pop-Up Food Stall di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Salah satu makanan khas Kepulauan Fuji yakni Kokoda, dalam acara Booking Pop-Up Food Stall di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelajahi Kepulauan Fiji rasanya tak lengkap bila tak mencicipi kuliner khas. Salah satunya adalah Kokoda.

Chef Steby Rafael menjelaskan bahwa Kokoda merupakan salah satu menu makanan pembuka di Kepulauan Fiji.

“Kokoda sebenarnya makanan khas Fiji yang sangat simple. Ini merupakan makanan pembuka. Jadi memang (makanan ini menggunakan) teknik mematangkan ikan menggunakan asam,” ujar Chef Steby saat ditemui dalam acara Booking Pop-Up Food Stall di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

Kokoda ini seperti salad, namun bahan yang digunakan adalah ikan mahi-mahi dicampurkan dengan santan dan jeruk nipis.

Baca juga: Akhir Pekan, Yuk Kuliner di Jakarta Street Food Festival 2018

Bila di Indonesia, ikan yang dapat digunakan adalah ikan yang pejal dan tidak terlalu berlemak seperti ikan kakap dan dori.

“Rasa asli Kokoda di Fiji itu sangat lembut. Hanya rasa asli santan yang terasa. Aslinya di Fiji lebih ke hambar tapi asam. Terkadang sebagian besar warga Indonesia harus adaptasi terlebih dahulu,” kata Chef Steby.

Ia pun membuat makanan Kokoda dengan racikan tersendiri. Bila di Fiji tak menggunakan bumbu lain, tetapi Che Steby mencoba menyesuaikan rasa Kokoda dengan lidah orang Indonesia.

Kokoda yang dibuatnya ditambahkan garam dan rempah-rempah. Sehingga rasa santan pun lebih bisa diterima dengan perpaduan rasa asin, asam, dan manis.

Selain ikan dori, isi dari Kokoda yang dibuat Stef Steby tedapat daging ayam dan udang yang sudah matang tentunya. 

Rasa gurih pun tak hanya pada santan tetapi sudah meresap hingga ikan, daging ayam, dan udang yang telah dicampurkan. 

Makanan pembuka ini juga semakin segar kala asam dari jeruk nipis begitu terasa. Ditambah pula dengan beberapa sayuran seperti potongan tomat, paprika, dan daun bawang.



Close Ads X