Kompas.com - 30/11/2018, 07:20 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com - Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air menjadi andalan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat untuk menarik wisatawan. Mayoritas penduduk di pulau ini mengandalkan wisata sebagai tulang punggung ekonomi.

Sejak terkena gempa Juli 2018, tiga Gili kembali bangkit untuk menyambut wisatawan. Ini dia serba-serbi berwisata di tiga Gili, seperti yang dirangkum KompasTravel saat kunjungan Exploring Paradise Island dari Dafam Hotel Mangement dan Himpunan Anak Media, di Gili Air, Jumat (23/11/2018):

1. Dua Gerbang Pintu Masuk

Pilihannya bisa masuk ke tiga Gili elwat Bali atau Lombok. Dari Bali ada operator kapal yang memiliki rute ke tiga Gili, khususnya Gili Trawangan dan Gili Air. Pelabuhan Padangbai, Pelabuhan Sesetan, dan Pelabuhan Benoa menjadi titik keberangkatan menuju tiga Gili dari Bali.

Sedangkan di Lombok, Pelabuhan Bangsal di Lombok menjadi titik keberangkatan menuju tiga Gili.

2. Beda Pulau Beda Karakter

Dari keterangan pelaku wisata di Gili Air, tiga Gili punya karakter wisata yang berbeda. Gili Trawangan lebih ramai restoran, bar, dan penginapan karena pulaunya juga lebih luas. Cocok bagi wisatawan yang suka berpesta semalam suntuk dan tidak suka suasana yang terlalu sepi.

Selanjutnya ada Gili Meno yang lebih tenang dari Gili Trawangan, dan Gili Air dengan ketenangan di antara Gili Trawangan dan Gili Meno.

Banyak juga wisatawan yang memilih membagi waktu berwisata di tiga pulau ini. Untuk menyeberang pulau tersedia kapal yang beroperasi setiap hari.

3.  Komposisi Turis

Wisatawan yang berkunjung ke tiga Gili didominasi oleh turis asal Australia dan Eropa. Wisatawan lokal masih terbilang sedikit.

Misalnya di Gili Air, menurut Resort Manager Scallywags Resort Gili Trawangan dan Gili Air, Nyoman Suastawa komposisi wisatawan lokal hanya 10 persen. Wisatawan asal Asia Timur seperti Jepang, China, Korea juga masih sedikit.

Gili Trawangan, Lombok, NTB.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gili Trawangan, Lombok, NTB.

4. Ragam Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Wisata bahari seperti snorkeling, menyelam, dan berenang di laut menjadi andalan dari wisata tiga Gili. Ada banyak penyewaan alat dan operator selam di tiga pulau ini. Selain wisata bahari, keunggulan tiga Gili adalah kehidupan pulau yang santai dan berjalan lambat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.