5 Destinasi Liburan di Semarang yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga - Kompas.com

5 Destinasi Liburan di Semarang yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Kompas.com - 07/12/2018, 22:09 WIB
Tugu Muda Semarang adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.SHUTTER STOCK Tugu Muda Semarang adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.

SEMARANG, KOMPAS.com – Libur akhir tahun sudah semakin dekat. Tentunya periode itu sangat pas digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Sudahkah Anda menentukan tujuan liburan besok?

Kota Semarang bisa menjadi tujuan yang pas untuk liburan. Ada banyak destinasi wisata di Kota Atlas (Julukan Semarang) ini untuk dikunjungi.

Berikut ini 5 destinasi wisata di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang cocok untuk liburan sekeluarga:

1. Lawang Sewu

Keindahan bangunan arsitektur Eropa, buatan Belanda di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Keindahan bangunan arsitektur Eropa, buatan Belanda di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).

Destinasi yang satu ini memang identik dengan Kota Semarang. Bangunan dengan banyak pintu ini dulunya terkenal menyeramkan. Lawang Sewu mulai dikenal masyarakat usai tayang di acara horor salah satu televisi swasta Indonesia.

Dulu, Lawang Sewu merupakan bekas kantor perusahaan kereta api milik pemerintah kolonial Belanda yang dibangun 1903 sampai 1907. Usai kemerdekaan, tempat ini menjadi kantor Djawatan Kereta Api Indonesia, Kodam IV Diponegoro, dan Dishub Jawa Tengah.

Sekarang Lawang Sewu telah berstatus cagar budaya. Ikon Kota Semarang ini juga telah dipercantik untuk tujuan wisata. Tidak ada lagi kesan horor di bangunan bersejarah ini.

2. Klenteng Sam poo Kong

Klenteng Agung Sam Poo Kong Semarang yang dipadati wisatawan berbagai daerah saat akhir pekan dan perayaan-perayaan besar.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Klenteng Agung Sam Poo Kong Semarang yang dipadati wisatawan berbagai daerah saat akhir pekan dan perayaan-perayaan besar.

Klenteng yang satu ini bukan sekadar tempat ziarah dan peribadatan umat Konghucu, melainkan juga obyek wisata favorit masyarakat umum dari semua agama.

Hal itu karena desain bangunan Klenteng Sam Poo Kong yang begitu megah dan artistik. Saat hari libur, banyak wisatawan yang datang ke klenteng ini. Selain mengagumi arsitekturnya, wisatawan juga gemar melakukan swafoto di sini.

Klenteng ini dibangun oleh masyarakat etnis China pada tahun 1724 untuk mengormati leluhur mereka, Laksamana Cheng Ho. Menurut cerita, lokasi ini dulunya adalah tempat tinggal sekaligus berlindung Laksamana Cheng Ho ketika terdampar di Semarang.

3. Kota Lama Semarang

Bangunan Gereja GPIB Immanuel atau lebih populer disebut Gereja Blenduk difoto dari udara, di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (29/6/2014). Gereja yang berada di kawasan kota tua Semarang ini dibangun tahun 1753.Kristianto Purnomo-Fikria Hidayat Bangunan Gereja GPIB Immanuel atau lebih populer disebut Gereja Blenduk difoto dari udara, di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (29/6/2014). Gereja yang berada di kawasan kota tua Semarang ini dibangun tahun 1753.

Berada di Kota Lama Semarang, rasanya seolah kembali ke zaman Kolonial Belanda. Bangunan yang ada di sini begitu khas, yakni memiliki arsitektur Eropa dan Negeri Kincir Angin.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk. Gereja yang dibangun pada 1753 ini memiliki arsitektur kubah yang unik. Berfoto dengan latar belakang gereja itu seolah sedang berada di Eropa.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Kemegahan masjid Agung Jawa Tengah d Semarang, merupakan perpaduan arsitektur Eropa, Arab, dan Interior Jawa.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kemegahan masjid Agung Jawa Tengah d Semarang, merupakan perpaduan arsitektur Eropa, Arab, dan Interior Jawa.

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Bangunannya yang megah merupakan perpaduan arsitektur Jawa, Eropa, dan Arab.

Kini Masjid Agung Jawa Tengah banyak dikunjungi oleh orang, khususnya wisatawan muslim dari berbagai daerah. Selain beribadah, arsitektur masjid yang megah menjadikannya cocok sebagai latar foto usai melaksanakan salat.

5. Pantai Marina

Keindahan senja yang bisa disaksikan di Pantai Marina, Semarang ketika cuaca cerah.Shutterstock Keindahan senja yang bisa disaksikan di Pantai Marina, Semarang ketika cuaca cerah.

Semarang juga memiliki pantai, salah satunya adalah Marina. Pantai yang satu ini cocok dikunjungi pada sore hari. Pantai yang menghadap ke barat daya membuat pesona keindahan matahari terbenam dapat dinikmati.

Selain indah, udaranya yang sejuk di sore hari tentunya sangat enak untuk dinikmati. Duduk bersantai sambil dibelai oleh angin sore akan menghilangkan kelelahan usai sehari berjalan-jalan keliling Semarang.



Close Ads X