Kuliner Pilihan di Jalur Mudik Trans Jawa, Pasuruan, Malang, hingga Banyuwangi

Kompas.com - 22/12/2018, 07:37 WIB
Istana lele di jalan raya Banyuwangi Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo menyediaka menu lele bakar yang nikmat dan gurih Ira Rachmawati / Kompas.com / BanyuwangiIstana lele di jalan raya Banyuwangi Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo menyediaka menu lele bakar yang nikmat dan gurih

KOMPAS.com - Saat mudik ke kampung halaman atau menikmati libur akhir tahun, tentu menjadi momentum terbaik untuk berwisata kuliner. Apalagi, Indonesia menyajikan beragam hidangan khas dari tiap daerah.

Di Jawa Timur, sejumlah hidangan khas akan menggugah selera. Berbagai bentuk makanan, dari yang berkuah seperti bakso khas Malang, panganan nasi dengan campuran kuah gulai, atau lele bakar bisa ditemukan.

Kementerian Perhubungan membuat daftar lokasi terbaik untuk berwisata kuliner yang sejajar dengan jalan tol Trans Jawa. Dengan demikian, Anda bisa singgah sekaligus menjajal makanan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Kompas.com menyajikannya, kali ini dengan rute Pasuruan hingga Banyuwangi. Berikut paparannya.

Pasuruan

Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali. Adapun kota ini terletak 60km sebelah tenggara Surabaya dan 355km sebelah barat laut Kota Denpasar.

Nasi Punel Hj Lin

Nasi Punel Hj Lin di PasuruanDokumentasi Kemenhub Nasi Punel Hj Lin di Pasuruan
Pasuruan juga memiliki menu kuliner yang khas, seperti Nasi Punel Hajjah Lin. Nasi punel adalah makanan khas dari wilayah Bangil, Pasuruan.

Nasi ini bertekstur lembut dan agak menggumpal. Umumnya makanan ini disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang.

Pemudik bisa menyantap menu kuliner ini di Jalan Dr Soetomo Nomor 9, Gempeng, Bangil, Pasuruan, dengan jadwal buka sejak pukul 09.00-20.00 WIB.

Baca juga: Kuliner Pilihan di Jalur Mudik, Hidangan Khas di Ngawi hingga Surabaya

Malang

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, disebut juga sebagai kota terbesar kedua di provinsi ini.

Selain sebagai kota terbesar kedua, tentunya Kota Malang memiliki beberapa menu kuliner yang siap menggoda lidah.

Warung Tahu Lontong Lonceng

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X