Berburu Senja di Carita yang Tak Lagi "Berduka"

Kompas.com - 12/02/2019, 09:34 WIB
Menikmati senja di Pantai Carita, Pandeglang, Banten pasca tragedi tsunami, Senin (11/2/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Menikmati senja di Pantai Carita, Pandeglang, Banten pasca tragedi tsunami, Senin (11/2/2019).

CARITA, KOMPAS.com - Carita tak lagi berduka. Desember tahun lalu kecamatan yang terletak di Pandeglang, Banten ini menjadi salah satu daerah yang terdampak tsunami Selat Sunda. Namun kini Carita mulai berbenah diri.

Senin (11/2/2019), KompasTravel bersama tim media dari Kementerian Pariwisata RI menyambangi Mutiara Carita Cottages yang terletak di Kecamatan Carita.

Lokasinya langsung menghadap ke Pantai Carita dan menawarkan pemandangan Gunung Krakatau.

Komplek penginapan ini sempat terdampak luapan air laut dan material-material yang terbawa tsunami dari arah Tanjung Lesung. Namun beruntung, saat tsunami menerjang, bangunan ini masih berdiri kokoh.

Baca juga: Menpar Gaungkan Gerakan Selat Sunda Bangkit

Begitu memasuki pintu gerbang komplek penginapan, kondisinya sangat baik. Nyaris tak ada jejak-jejak tsunami di kawasan ini.

"Jadi kemarin kawasan Carita yang terdampak itu yang di vila-vila milik pribadi. Memang pintu masuknya sama seperti kawasan Mutiara Carita. Tapi kalau Mutiara Carita ini tergolong aman, hanya terdampak air luapan dan puing-puing akibat tsunami saja," ujar owner Mutiara Carita Cottages, Boedi Mranata.

Baca juga: Tiga Strategi Kemenpar Pulihkan Pariwisata Pasca-tsunami Selat Sunda

Di lokasi ini ada spot menarik untuk menikmati pesona senja di Pantai Carita. KompasTravel berkesempatan merasakan asyiknya "berburu" senja di kawasan itu.

Tak perlu berjalan jauh, senja Pantai Carita dapat langsung terlihat jelas saat kami duduk santai di tepian tembok pembatas kawasan penginapan ini.

Hari itu kami sangat beruntung, langit begitu cerah. Hingga pukul 18.10 WIB kawasan Pantai Carita masih begitu terang.

Menikmati senja di Pantai Carita, Pandeglang, Banten pasca tragedi tsunami, Senin (11/2/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Menikmati senja di Pantai Carita, Pandeglang, Banten pasca tragedi tsunami, Senin (11/2/2019).
Namun beberapa menit kemudian semburat warna oranye muncul di langit bagian barat. Matahari turun perlahan menuju cakrawala. Senja sore ini sangat indah, percayalah.

Beberapa menit kemudian tak hanya warna oranye yang menghiasi langit Pantai Carita sore ini. Warna biru muda, kuning, hingga nila membentuk kombinasi warna yang membuat sore ini begitu berbeda.

Tak hanya kami, sejumlah warga berada di sekitar kami dan menikmati senja yang sama.

Setelah lebih dari sebulan berlalu, bencana tsunami tampaknya tak lagi membuat Carita berduka.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Carita?




Close Ads X