Kompas.com - 20/02/2019, 11:12 WIB

JEMBER, KOMPAS.com – Kabupaten Jember yang ada di Provinsi Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata alam menarik. Mulai dari pantai di sisi selatan hingga destinasi wisata edukatif, semua ada di Jember.

Jika sedang berkunjung ke kabupaten yang hari jadinya diperingati setiap 1 Januari ini, berikut 5 destinasi wisata tepi laut yang bisa dikunjungi:

1. Pantai Payangan

Salah satu panorama di Pantai Payangan, Jember. Panorama itu berupa garis Pantai Roro Ayu dan Cangaan yang memanjang, serta Taman Nasional Meru Betiri di ujung timur.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu panorama di Pantai Payangan, Jember. Panorama itu berupa garis Pantai Roro Ayu dan Cangaan yang memanjang, serta Taman Nasional Meru Betiri di ujung timur.
Terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Pantai Payangan menyajikan pesona panorama alam nan begitu indah. Hanya berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Jember, pantai ini cukup dekat dan mudah untuk dijangkau.

Baca juga: Pantai Payangan, Pesona Bagai Khayangan di Jember Selatan

Memang Pantai Payangan memiliki pasir berwarna hitam. Namun hal itu tidak mengurangi keindahan yang tersaji di sini. Justru perpaduan pasir berwarna hitam dengan birunya air laut dan langit, serta putihnya ombak tampak begitu serasi.

Keindahan Pantai Payangan juga tidak lepas dari bentang barisan perbukitan yang berdiri di sekelilingnya. Khususnya di sisi timur, perbukitan kawasan Taman Nasional Meru Betiri tampak begitu menawan.

2. Pantai Watu Ulo

Batu memanjang yang konon merupakan jelmaan seekor ular naga ini menjadi latar belakang penamaan Watu Ulo pada pantai ini.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Batu memanjang yang konon merupakan jelmaan seekor ular naga ini menjadi latar belakang penamaan Watu Ulo pada pantai ini.

Lokasi Pantai Watu Ulo ada di sisi barat Pantai Payangan. Jika dilihat dari Payangan, Pantai Watu Ulo berada di ujung barat cekungan besar berpasir hitam. Jika kuat berjalan, Pantai Ulo bisa langsung dijangkau dari Payangan dengan mengikuti garis pantainya ke barat.

Memandang sisi timur dari Pantai Watu Ulo menyajikan panorama cekungan besar yang melengkung sampai Payangan dengan garis pantai berwarna hitam. Pemandangan semakin indah dengan latar belakang barisan perbukitan di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Baca juga: Uniknya Pantai Watu Ulo Jember, Ada Batu Bagaikan Ular Raksasa

Satu hal yang menjadikan Pantai Watu Ulo unik dan spesial adalah adanya batu memanjang yang mirip ular raksasa. Fenomena itu menjadi latar belakang penamaan Watu Ulo yang berarti batu ular.

Kisah legenda pun turut membuat Pantai Watu Ulo semakin unik. Konon batu ini adalah bagian tubuh naga jahat bernama Nogo Rojo yang dikalahkan oleh Raden Mursodo. Dikisahkan bagian kepala naga ini ada di Banyuwangi, sementara ekornya ada di Pacitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.