Liburan Panjang ke Eropa, Apa yang Perlu Disiapkan?

Kompas.com - 23/02/2019, 21:57 WIB
Berlibur di Hallstatt, Austria. DADA SABRA SATHILLABerlibur di Hallstatt, Austria.

KOMPAS.com - Trip 36 hari ke Eropa tahun ini saya persiapkan sejak 1 bulan sebelumnya. Memang terkesan sebentar banget persiapannya.

Cuma karena trip kali ini mirip dengan trip tahun lalu (bedanya jumlah harinya lebih banyak dan lebih banyak destinasi dituju), jadi persiapannya tinggal ngikutin pattern yang sama seperti sebelumnya.

Yang penting, visa US (yang jadi tujuan akhir trip ini) sudah ditangan, so tinggal nyari tiket dan yang paling penting riset.

1. Apa Sih yang Mesti Diriset ?

Karena ini bukan trip yang pertama, melainkan yang ketiga kalinya, jadi dalam kepala sudah ada bayangan tentang beberapa tempat, kota dan negara yang mau dikunjungi.
Satu destinasi yang harus banget saya kunjungi adalah Dubrovnik, Kroasia demi lihat lokasi syuting "Game of Thrones".

Kota Dubrovnik sebenarnya sudah masuk list tempat yang akan saya kunjungi tahun 2017. Cuma karena waktu itu cuma punya waktu 1 bulan dan budgetnya juga lebih terbatas, terpaksalah saya mengeliminasi Dubrovnik.

Tapi tahun ini kita akan mengawali trip dari Athena, Yunani, dan Dubrovnik nggak jauh-jauh amat, sama-sama di sebelah tenggara Eropa lah. Jadinya saya bisa masukin Dubrovnik ke dalam itinerary.

Untuk menentukan tempat, kota, dan negara mana di Eropa yang akan dikunjungi, saya biasanya mulai cari tahu tentang destinasi itu di wikipedia, international travel blogs, news website, situs traveling seperti The Culture Trip and beberapa facebook groups juga sangat membantu.

2. Cek di Google Maps

Setelah tersusun daftar kota dan negara yang akan dikunjungi, sekarang saatnya cek di google maps possible kah untuk ke semua tempat itu  dalam waktu 36 hari. Ngecek di peta lumayan membantu untuk melihat jauh dekatnya satu kota dengan kota lainnya, plus melihat kota dan negara menarik lain di sekitarnya.

For instance, I plan to visit Hallstatt from Ljubljana, Slovenia, then I see on the map that the city of Salzburg located not very far from Hallstatt. Why not stay in Salzburg then go to Hallstatt on a day trip or also visiting Salzburg from Hallstatt?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X