Tunjukkan Jari Ungu, 8 Museum di Jakarta Ini Gratis Tiket Masuk

Kompas.com - 16/04/2019, 21:06 WIB
Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung di Kota Tua. KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUM Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung di Kota Tua.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pesta demokrasi esok hari akan diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dalam rangka itu, banyak destinasi wisata menawarkan berbagai promo menarik untuk para wisatawan yang menunjukkan tinta ungu di jari kelingking usai mencoblos.

Tak ketinggalan, obyek wisata seperti museum juga tak ketinggalan memberikan penawaran menarik khusus untuk pengunjung yang menggunakan hak suaranya. Bahkan, sejumlah museum di bilangan DKI Jakarta menggratiskan biaya masuknya.

Berikut daftar museum di Jakarta yang menggratiskan biaya masuk pada saat Pemilu, 17 April 2019:

1. Museum Fatahillah

Museum yang merupakan bekas balai kota ini terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Wisatawan bisa meliha berbegai macam ornamen tua sekaligus ruang tahanan pada masa pemerintahan VOC sejak abad ke -17.

2. Museum Joang 45

Berlokasi di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Museum Joang 45 menyajikan sejarah kental perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan ketika wilayah Indonesia masih diduduki para penjajah.

3. Museum M.H. Thamrin

Museum ini berada di dekat Universitas Indonesia kampus Salemba, Jakarta Pusat. Di sini menampilkan beberapa koleksi foto, radio, dan barang-barang lain peninggalan MH Thamrin. Sejumlah studi kepustakaan tentang perjuangannya juga bisa dilihat.

4. Museum Taman Prasasti

Museum ini merupakan cagar budaya peninggalan kolonial belanda di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di sini terdapat banyak koleksi nisan kuno dan miniatur makam khas 27 provinsi di Indonesia. Selain itu, ada juga koleksi kereta antik.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, letaknya bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Wisatawan dapat melihat koleksi kramik dan juga lukisan tua yang berjejer di dinding Museum.

Halaman:



Close Ads X