Berburu Senja di Pantai Ungu...

Kompas.com - 05/05/2019, 11:04 WIB
Wisatawan di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Kamis (2/5/2019). KOMPAS.com/MASRIADIWisatawan di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Kamis (2/5/2019).


LHOKSUKON, KOMPAS.com – Matahari mulai membungkuk saat kami tiba di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Matahari memendar ke kuningan.

Nama Pantai Ungu ini mengacu ke nama salah satu warung di kawasan obyek wisata tersebut. Sehingga, kawasan itu menjadi populer dan digemari masyarakat pesisir timur, Provinsi Aceh.

Kawasan itu didisain dengan dominasi warna ungu. Sehingga cocok dengan nama pantai tersebut. Bahkan aplikasi googlemap, sudah mencatat lokasi itu sebagai Pantai Ungu.

Baca juga: Di Hotel Ini Wisatawan Bisa Menikmati Sunset di Perairan Komodo

Untuk menuju lokas ini, di lintas Medan-Banda Aceh, setiba di persimpangan menuju Seunuddon, berbeloklah ke arah panah jalan menunjuk ke kecamatan pesisir itu. Ikuti jalan itu hingga lurus. Jalannya terbilang mulus, hanya beberapa titik terdapat jalan rusak.

Perhatikan sisi kanan jalan. Di sana terdapat pantai itu. Membentang dengan bersih. Beberapa pondok berdiri megah dan rapi. Di bibir pantai sebagian wisatawan lokal mandi. Sebagian lagi hanya membasahi kaki dan berjalan sepanjang bibir pantai.

Baca juga: Bukit Senja, Spot Asyik Nikmati Sunset di Pantai Selatan Yogyakarta

“Tidak dipungut biaya pondok oleh pedagang. Bisa duduk gratis,” kata salah seorang pengunjung asal Kabupaten Pidie, Roesdiana, Kamis (2/5/2019) sore.

Wisatawan di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Kamis (2/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Kamis (2/5/2019).
Hari itu, dia bersama keluarga besarnya ingin menyaksikan senja di pantai tersebut. Panorama saat matahari terbenam (sunset) menjadi salah satu daya tarik pantai itu.

Jika cuaca sedang bagus, saat mentari tenggelam itu, sungguh pesona yang luar biasa. Bahkan, saat senja, jika cuaca mendung, siluet bibir pantai menjadikan foto yang instagramable.

“Harga makanan juga murah, misalnya aneka mi itu hanya Rp 7.000. Minuman juga pas di kantong,” sebut pengunjung lainnya, Sri Agustina.

Kelebihan lainnya, kawasan ini cocok untuk wisatawan keluarga. Pasalnya, bibir pantai terbilang dangkal. Sehingga tidak terlalu khawatir jika anak-anak bermain di bibir pantai.

Ditambah lagi, pondok berukuran besar, cukup untuk 10 orang per pondok. Sehingga menjadi destinasi yang sangat tepat untuk keluarga.

Mayoritas pengunjung ke kawasan itu warga Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa dan Kota Lhokseumawe. Saban sore setelah shalat Ashar, sejumlah pengunjung memadati kawasan itu.

Wisatawan di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Kamis (2/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan di Pantai Ungu, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Kamis (2/5/2019).
Apalagi, untuk kawasan parkir terbilang luas. Hanya dipungut Rp 2.000 untuk roda dua, dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Nah, jika Anda berkunjung ke Kabupaten Aceh Utara, silakan mencoba sensasi menikmati senja di Pantai Ungu. Sembari menikmati semilir angin dan indahnya pesona Samudera Hindia di depan mata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X