16 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Kompas.com - 21/05/2019, 21:06 WIB
Ilustrasi bandaraThinkstockphotos.com Ilustrasi bandara

KOMPAS.com - Sebagai terminal penerbangan, bandara dituntut untuk memiliki pelayanan, fasilitas, dan keamanan yang baik agar para pengguna jasa penerbangan merasa nyaman dan aman ketika hendak berpergian. Selain itu, bandara juga perlu memberikan jaminan keselamatan untuk pekerja seluruh bagian kerja.

Namun, bandara-bandara ini terbilang berbahaya karena memiliki tempat, fasilitas, maupun keamanan yang tak ramah untuk pengunjung. Berikut 16 bandara paling berbahaya di dunia versi Reader's Digest:

1. Lukla Airport, Nepal

Bandara Lukla di Nepal.Readers Digest Bandara Lukla di Nepal.

Bandara ini terbilang berbahaya karena landasan pacu yang sangat pendek. Selain itu, letak bandara berada di antara beberapa gunung, termasuk Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia. Bandara Lukla juga disebut sebagai bandara ekstrem karena kurangnya pengontrol daya dan pengaturan lalu lintas udara.

2. Bandara Toncontin, Honduras

Bandara Toncontin di HondurasReaders Digest Bandara Toncontin di Honduras

Menurut pengamat teknik, untuk bersiap turun di Bandara Toncontin, pesawat harus berbelok cepat sejauh 45 derajat untuk mencapai landasan pacu di lembah, kemudian dengan cepat harus menurunkan ketinggian yang berpotensi langsung mengikis medan di bawah pesawat akibat gesekan.

3. Bandara Internasional Princess Juliana, St. Maarten

Bandara Internasional Princess Juliana di St. MaartenReaders Digest Bandara Internasional Princess Juliana di St. Maarten

Pesawat berbadan lebar besar yang membawa turis ke St. Maarten membutuhkan landasan pacu lebih dari 8.000 kaki untuk mendarat dengan aman, sementara landasan pacu di bandara tersebut hanya sepanjang 7.100 kaki. Kendati demikian, pemandangan di sini sangat menakjubkan sehingga mungkin bisa membayar ketegangan tadi.

4. Bandara Paro, Bhutan

Bandara Paro di BhutanReaders Digest Bandara Paro di Bhutan

Bandara ini bisa dibilang sangat sederhana dengan landasan pacu yang hanya sekitar 6.500 kaki. Letak bandara berada di antara puncak Gunung Himalaya dengan ketinggian lebih dari 18.000 kaki. Sampai saat ini, hanya delapan pilot yang memenuhi persyaratan untuk melakukan pendaratan di Bandara Paro.

5. Bandara Narsarsuaq, Greenland

Bandara Narsarsuaq di Greenland.Readers Digest Bandara Narsarsuaq di Greenland.

Bandara Narsarsuaq memiliki landasan pacu yang tertutup es suhu yang sangat dingin, angin kencang, dan jarak pandang rendah karena terdapat salju tebal dan awan abu dari gunung api aktif terdekat. Pastikan kesehatan jantung jika ingin mendarat di bandara ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X