Kehabisan Tiket Mudik? Coba Sewa Gerbong Kereta Wisata...

Kompas.com - 28/05/2019, 05:03 WIB
Suasana di dalam gerbong kereta wisata Retro. Kementerian PariwisataSuasana di dalam gerbong kereta wisata Retro.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih belum dapat tiket mudik untuk keluarga? Menyewa gerbong kereta wisata temarik mungkin dapat menjadi alternatif untuk mudik.

PT Kereta Api Pariwisata membuka penyewaan gerbong kereta wisata dari pola sewa rombongan dan perorangan.

"KA pariwisata merupakan bagian KAI grup, lebih spesifik kami mengelola kelas priority atau kereta wisata yang kita pasarkan secara reguler dan secara perorangan. Di samping itu juga kami melayani sistem charter atau tematik bentuknya seperti sofa," kata Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata, Totok Suryono di acara jumpa pers Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Untuk angkutan mudik terhitung 26 Mei - 15 Juni, PT Kereta Api Pariwisata mengoperasikan kereta 15 gerbong kereta yang terdiri dari kereta tematik dan priortitas.

Untuk kereta prioritas saat ini tiket sudah habis, tetapi kereta tematik masih tersedia. Empat gerbong kereta tematik yakni Jawa, Sumatera, Toraja, dan Nusantara dapat disewa untuk maksimal 20 orang.

"Fasilitas yang tersedia ada welcome drink, camilan, makan prasmanan, karaoke, dan mini bar," kata General Manager Transportasi PT Kerrta Api Pariwisata Parevin Marhaeniyanto.

Harga sewa gerbong kereta tematik pariwisata tergantung dengan jarak yang dituju. Namun sebagai gambaran untuk sewa gerbong tematik Jakarta-Yogyakarta Rp 27 juta per gerbong dan yang paling mahal Jakarta-Malang Rp 33 juta.

Sampai saat ini ada 27 perjalanan menggunakan kereta tematik untuk angkutan mudik Lebaran. Totok menyebutkan ketersediaan sewa kereta tematik tergantung dengan jadwal kereta yang akan digandeng.

"Rata-rata kereta ini rangkaian gerbongnya penuh saat mudik. Jadi sulit untuk digandeng dengan gerbong kereta tematik," jelas Totok.

Untuk menyewa kereta tematik dapat menghubungi hotline KA Pariwisata di 021-38902233

Perlu diketahui ada pajak sepuluh persen serta biaya pembatalan yang berlaku apabila membatalkan pemesanan kereta tematik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X