Menengok Istana Pasir Tertinggi di Dunia, Ada di Jerman

Kompas.com - 11/06/2019, 09:53 WIB
Istana pasir tertinggi yang pernah dibuat, letaknya di Jerman.CNN Travel Istana pasir tertinggi yang pernah dibuat, letaknya di Jerman.

KOMPAS.com - Ketika mengunjungi bibir laut dengan pasir pantai berlimpah, wisatawan yang mengunjungi pantai kerap melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti berenang atau membuat istana dari pasir.

Namun, apa jadinya jika istana pasir hasil buah tangan wisatawan mencapai ketinggian lebih dari 17 meter?

Di Binz, Jerman, tepatnya di Pulau Reugen di Laut Baltik, ada kompetisi tahunan membuat istana dari pasir pantai yang bertajuk "Sand Sculptures Festival".

Untuk tahun ini, salah satu istana pasir karya seniman pasir bernama Thomas van Dungen didaulat menjadi istana pasir tertinggi yang pernah dibuat dengan rincian ketinggian 17,66 meter atau sekitar 57,94 kaki.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini saat Mengunjungi Kawasan Pantai di Gunungkidul

Tingkat kedetailannya pun bisa terbilang luar biasa, dengan pahatan seekor naga di kaki dan dinding kastil yang menjulang tinggi, persis seperti serial film Game of Thrones.

Istana yang telah dibuat sejak bulan Mei tersebut menumbangkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh kastil pasir di Duisburg, Jerman pada tahun 2017 dengan ketinggian 16,88 meter.

Istana pasir tertinggi yang pernah di buat, lokasinya di Jerman.CNN Travel Istana pasir tertinggi yang pernah di buat, lokasinya di Jerman.

Kendati demikian, seperti istana pasir pada umumnya, bangunan ini tidak akan bertahan lama. Jika Kamu ingin melihat istana pasir raksasa ini, datanglah ke lokasi sampai November, sebelum bangunannya runtuh.

Tiket masuk untuk dapat melihat istana ini sebesar 8,50 euro atau sekitar Rp 137.000. Sementara untuk anak-anak, satu tiket dibanderol 5,50 euro atau sekitar Rp 88.500.

Tentang Kompetisi

Kompetisi sandcastle ini telah menjadi agenda tahunan pada kalender sosial Binz sejak tahun 2010. Ketika penyelenggaraan akan mulai, para wisatawan berduyun-duyun untuk melihat patung pasir kreatif yang tersebar di sekitar pantai Binz.

Jerman memang terkenal dengan pantainya yang memiliki pasir pantai melimpah. Namun untuk kompetisi ini, penyelenggara menggunakan pasir pantai impor dari Belanda karena memiliki struktur yang mudah untuk dipahat.




Close Ads X