Kompas.com - 09/07/2019, 22:04 WIB
Pendaki Berfoto di Puncak Candi Mongkrang 1. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPendaki Berfoto di Puncak Candi Mongkrang 1.

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Langit yang cerah di musim kemarau merupakan saat yang tepat untuk melakukan pendakian. Cuaca yang cerah membuat pemandangan indah di puncak gunung akan terlihat jelas.

Pendaki juga tidak perlu mengkhawatirkan cuaca buruk seperti hujan, angin kencang, atau badai. Pertengahan Mei sampai Pertengahan Agustus merupakan saat tepat untuk mendaki gunung karena kondisi yang sudah cerah, tetapi belum begitu kering karena kemarau.

Baca juga: Bukit Mongkrang di Karanganyar yang Cocok untuk Pemula

Jika sebelumnya belum pernah mendaki dan ingin menjajal sensasi mendaki gunung, Bukit Mongkrang di Kabupaten Karanganyar merupakan tujuan yang pas. Memang pendakian menuju Puncak Candi Mongkrang 1 cocok untuk pemula.

Berada di sisi selatan Gunung Lawu, Bukit Mongkrang berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Letaknya tidak jauh dari Basecamp Cemara Kandang dan Cemara Sewu.

Rute menuju pos pendakian Bukit Mongkrang

Menuju Bukit Mongkrang tidaklah sulit. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari jalan utama Karanganyar-Magetan via Cemara Sewu. Jika membawa kendaraan, maka waktu tempuhnya adalah 5-10 menit dari Basecamp Pendakian Cemara Kandang dan Cemara Sewu.

Menurut Google Maps pada Selasa (09/07/2019), area parkir kendaraan pengunjung yang akan mendaki Bukit Mongkrang adalah di Lapangan Tlogo Dlingo Karanganyar. Semua kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil bisa diparkir di sini.

Baca juga: Indahnya Matahari Terbit dari Bukit Mongkrang Karanganyar

Jika ditempuh dari arah barat (Kota Karanganyar atau Matesih), maka cukup melaju di jalan utama menuju Magetan. Nantinya sekitar satu kilometer sebelum Pos Pendakian Cemara Kandang, di kanan jalan akan ada gapura bertuliskan Tlogo Dlingo.

Lapangan Tlogo Dlingo-Basecamp Pendakian Lawu via Cemara Kandang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lapangan Tlogo Dlingo-Basecamp Pendakian Lawu via Cemara Kandang.
Apabila saat berkendara Anda sudah sampai di Basecamp Pendakian Cemara Kandang atau malah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur, maka dipastikan perjalanan kebablasan. Anda harus kembali lagi sekitar satu kilometer sebelum Basecamp Pendakian Cemara Kandang.

Selanjutnya perjalanan mulai memasuki jalan perkampungan yang cukup sempit. Selain sempit, kondisi jalan juga cukup menurun curam sehingga hendaknya berkendara dengan pelan saja.

Baca juga: 5 Tips Mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar saat Musim Kemarau

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X