Rute dan Harga Tiket Mendaki Bukit Mongkrang, Karanganyar

Kompas.com - 09/07/2019, 22:04 WIB
Pendaki Berfoto di Puncak Candi Mongkrang 1.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pendaki Berfoto di Puncak Candi Mongkrang 1.

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Langit yang cerah di musim kemarau merupakan saat yang tepat untuk melakukan pendakian. Cuaca yang cerah membuat pemandangan indah di puncak gunung akan terlihat jelas.

Pendaki juga tidak perlu mengkhawatirkan cuaca buruk seperti hujan, angin kencang, atau badai. Pertengahan Mei sampai Pertengahan Agustus merupakan saat tepat untuk mendaki gunung karena kondisi yang sudah cerah, tetapi belum begitu kering karena kemarau.

Baca juga: Bukit Mongkrang di Karanganyar yang Cocok untuk Pemula

Jika sebelumnya belum pernah mendaki dan ingin menjajal sensasi mendaki gunung, Bukit Mongkrang di Kabupaten Karanganyar merupakan tujuan yang pas. Memang pendakian menuju Puncak Candi Mongkrang 1 cocok untuk pemula.

Berada di sisi selatan Gunung Lawu, Bukit Mongkrang berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Letaknya tidak jauh dari Basecamp Cemara Kandang dan Cemara Sewu.

Rute menuju pos pendakian Bukit Mongkrang

Menuju Bukit Mongkrang tidaklah sulit. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari jalan utama Karanganyar-Magetan via Cemara Sewu. Jika membawa kendaraan, maka waktu tempuhnya adalah 5-10 menit dari Basecamp Pendakian Cemara Kandang dan Cemara Sewu.

Menurut Google Maps pada Selasa (09/07/2019), area parkir kendaraan pengunjung yang akan mendaki Bukit Mongkrang adalah di Lapangan Tlogo Dlingo Karanganyar. Semua kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil bisa diparkir di sini.

Baca juga: Indahnya Matahari Terbit dari Bukit Mongkrang Karanganyar

Jika ditempuh dari arah barat (Kota Karanganyar atau Matesih), maka cukup melaju di jalan utama menuju Magetan. Nantinya sekitar satu kilometer sebelum Pos Pendakian Cemara Kandang, di kanan jalan akan ada gapura bertuliskan Tlogo Dlingo.

Lapangan Tlogo Dlingo-Basecamp Pendakian Lawu via Cemara Kandang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lapangan Tlogo Dlingo-Basecamp Pendakian Lawu via Cemara Kandang.
Apabila saat berkendara Anda sudah sampai di Basecamp Pendakian Cemara Kandang atau malah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur, maka dipastikan perjalanan kebablasan. Anda harus kembali lagi sekitar satu kilometer sebelum Basecamp Pendakian Cemara Kandang.

Selanjutnya perjalanan mulai memasuki jalan perkampungan yang cukup sempit. Selain sempit, kondisi jalan juga cukup menurun curam sehingga hendaknya berkendara dengan pelan saja.

Baca juga: 5 Tips Mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar saat Musim Kemarau

Plang sederhana yang menunjukkan arah menuju Bukit Mongkrang juga telah tersedia sehingga tinggal diikuti saja. Beberapa menit setelah masuk jalan perkampungan, perjalanan akan tiba di area parkir Bukit Mongkrang.

Batas kendaraan pengunjung yang akan mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Batas kendaraan pengunjung yang akan mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar.
Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Perjalanan belumlah mendaki, melainkan sampai di pos retribusi. Setelah membayar di pos retribusi, perjalanan mendaki Bukit Mongkrang pun dimulai.

Candi Mongkrang 1 menjadi tujuan favorit pendaki untuk saat ini dengan waktu tempuh sekitar satu jam dengan berjalan kaki. Masih ada puncak-puncak lain yang lebih tinggi seperti Candi Mongkrang 2 dan Jobolarangan.

Harga tiket masuk pendakian Bukit Mongkrang

Selain cocok untuk pemula, harga tiket masuk Bukit Mongkrang juga cukup terjangkau. Pendaki hanya perlu membayar Rp 10.000. Pembayaran dilakukan dua kali, Rp 5.000 di area parkir dan Rp 5.000 lagi di pos retribusi.

Biaya sebesar Rp 10.000 itu dibagi menjadi dua. Sebanyak Rp 5.000 untuk biaya parkir yang masuk ke kas Karang Taruna setempat. Sementara Rp 5.000 lainnya ditujukan untuk pengelolaan.

Gerbang Selamat Datang di Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gerbang Selamat Datang di Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar.
Sementara jika ingin berkemah, maka tarifnya adalah Rp 7.500 + Rp 5.000. Tentu harga yang harus dibayarkan tersebut tidak terlalu berat bagi kantong. Lebih baik siapkan uang pas jika hendak mendaki Bukit Mongkrang.

Baca juga: Padang Bunga Ilalang di Bukit Mongkrang, Ternyata Hanya Mekar Sekali

Pengunjung juga bisa menyewa tongkat untuk mendaki. Bawa juga uang lebih jika ingin bersantap di warung-warung makan yang didirikan di sepanjang jalur pendakian Bukit Mongkrang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X