Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2019, 14:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Pendakian tidak melulu harus ke gunung dengan jarak tempuh berjam-jam. Jika Kamu baru pemanasan atau ingin menjajal pendakian, gunung atau bukit dengan waktu tempuh sampai puncak yang singkat bisa menjadi pilihan.

Memang ada baiknya kamu melakukan pendakian di gunung atau bukit yang mudah terlebih dahulu sebelum mendaki gunung tinggi. Hal itu membuat fisikmu terlatih saat harus menempuh rute pendakian yang panjang.

Baca juga: 6 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Bukit Mongkrang menjadi salah satu tujuan pendakian yang pas bagi Kamu yang baru melatih fisik dan pemanasan atau menjajal sensasi pendakian. Mungkin bagi sebagian orang, nama Mongkrang masih asing. Hal itu wajar karena jalur pendakiannya baru dibuka awal 2019 ini.

Lokasi Puncak Candi Mongkrang 1.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Lokasi Puncak Candi Mongkrang 1.

Bukit Mongkrang terletak di sisi selatan Gunung Lawu. Lokasinya berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Pendakian bisa dimulai dari Telogo Dlingo, dekat Cemara Kandang.

Tujuan favorit pendakian

Bukit Mongkrang langsung menjadi favorit pendakian begitu dibuka pada awal 2019 silam. Hal itu karena saat baru dibuka, Bukit Mongkrang penuh dengan bunga ilalang yang membuatnya Instagramable.

Namun, sekarang bunga ilalang yang merupakan tanaman perintis sudah tidak ada. Bunga itu hanya mekar sekali beberapa bulan setelah kebakaran lahan dan sebelum menjadi ilalang hijau lagi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by kufita nur khasanah (@kufitafitaku) on May 2, 2019 at 6:32am PDT

Meski demikian, Bukit Mongkrang masih menjadi tujuan favorit pendakian. Hal itu karena waktu tempuh ke puncak yang tidak begitu lama. Hanya sekitar satu sampai dua jam, pendaki akan sampai di salah satu puncak Bukit Mongkrang, yakni Candi Mongkrang 1.

Jalur pendakian juga sudah jelas dan mudah ditapaki. Kondisi jalan setapak cukup lebar sehingga pendaki tidak perlu khawatir tersesat. Beberapa warung makan juga telah tersedia bagi pendaki di beberapa titik jalur pendakian.

Keindahan Pemandangan di Bukit Mongkrang

Daya tarik awal Bukit Mongkrang berupa bunga ilalang memang sudah tidak ada. Namun, hal itu bukan berarti mengurangi keindahan yang tersaji di sana. Bukit Mongkrang tetap menyajikan panorama alam yang begitu indah.

Kamu akan disuguhi dengan pemandangan ke arah utara yang begitu mengagumkan. Tampak di hadapanmu Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Terlihat pula asap belerang yang mengepul dari Kawah Lawu, Candradimuka.

Gunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar.

Jika saat mendaki Mongkrang sudah kelelahan, maka kamu akan termotivasi untuk terus melatih fisik saat memandang Lawu yang menjulang tinggi. Jika dibandingkan dengan Gunung Lawu, pendakian Mongkrang masih belum seberapa.

Selain itu, pemandangan ke arah barat juga tidak kalah indah. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat keindahan gunung-gunung yang berbaris rapi di kaki langit sebelah barat. Gunung-gunung itu tampak melayang di atas langit.

Baca juga: Gunung Gandul Wonogiri yang Cocok Didaki Ketika Musim Hujan

Barisan gunung dimulai dari sisi selatan, yakni Merapi dan Merbabu yang bersebelahan. Di belakang Merbabu, tampak Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl. Ke utara lagi, tampak gunung yang lebih pendek yaitu Telomoyo dengan ketinggian 1.894 mdpl.

Barisan Gunung-gunung di Ufuk Barat, Dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Barisan Gunung-gunung di Ufuk Barat, Dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com