Bukit Mongkrang di Karanganyar yang Cocok untuk Pemula

Kompas.com - 23/06/2019, 14:08 WIB
Pendaki Berfoto di Puncak Candi Mongkrang 1. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPendaki Berfoto di Puncak Candi Mongkrang 1.

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Pendakian tidak melulu harus ke gunung dengan jarak tempuh berjam-jam. Jika Kamu baru pemanasan atau ingin menjajal pendakian, gunung atau bukit dengan waktu tempuh sampai puncak yang singkat bisa menjadi pilihan.

Memang ada baiknya kamu melakukan pendakian di gunung atau bukit yang mudah terlebih dahulu sebelum mendaki gunung tinggi. Hal itu membuat fisikmu terlatih saat harus menempuh rute pendakian yang panjang.

Baca juga: 6 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Bukit Mongkrang menjadi salah satu tujuan pendakian yang pas bagi Kamu yang baru melatih fisik dan pemanasan atau menjajal sensasi pendakian. Mungkin bagi sebagian orang, nama Mongkrang masih asing. Hal itu wajar karena jalur pendakiannya baru dibuka awal 2019 ini.

Lokasi Puncak Candi Mongkrang 1.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Lokasi Puncak Candi Mongkrang 1.

Bukit Mongkrang terletak di sisi selatan Gunung Lawu. Lokasinya berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Pendakian bisa dimulai dari Telogo Dlingo, dekat Cemara Kandang.

Tujuan favorit pendakian

Bukit Mongkrang langsung menjadi favorit pendakian begitu dibuka pada awal 2019 silam. Hal itu karena saat baru dibuka, Bukit Mongkrang penuh dengan bunga ilalang yang membuatnya Instagramable.

Namun, sekarang bunga ilalang yang merupakan tanaman perintis sudah tidak ada. Bunga itu hanya mekar sekali beberapa bulan setelah kebakaran lahan dan sebelum menjadi ilalang hijau lagi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by kufita nur khasanah (@kufitafitaku) on May 2, 2019 at 6:32am PDT

Meski demikian, Bukit Mongkrang masih menjadi tujuan favorit pendakian. Hal itu karena waktu tempuh ke puncak yang tidak begitu lama. Hanya sekitar satu sampai dua jam, pendaki akan sampai di salah satu puncak Bukit Mongkrang, yakni Candi Mongkrang 1.

Jalur pendakian juga sudah jelas dan mudah ditapaki. Kondisi jalan setapak cukup lebar sehingga pendaki tidak perlu khawatir tersesat. Beberapa warung makan juga telah tersedia bagi pendaki di beberapa titik jalur pendakian.

Keindahan Pemandangan di Bukit Mongkrang

Daya tarik awal Bukit Mongkrang berupa bunga ilalang memang sudah tidak ada. Namun, hal itu bukan berarti mengurangi keindahan yang tersaji di sana. Bukit Mongkrang tetap menyajikan panorama alam yang begitu indah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X