6 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Kompas.com - 11/06/2019, 11:02 WIB
Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaGunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.

KOMPAS.com – Sebagian wilayah Indonesia mulai memasuki musim kemarau pada bulan Juni. Hal itu juga kabar baik bagi para pendaki gunung karena merupakan awal dimulainya musim pendakian.

Namun jika kamu belum pernah mendaki dan ingin merasakan sensasi pendakian, lebih baik untuk mulai mendaki di gunung-gunung dengan rute pendakian yang mudah.

Baca juga: Menikmati Keindahan Hamparan Perbukitan di Gunung Besek, Wonogiri

Beberapa gunung yang mudah didaki ada di Provinsi Jawa Tengah. Berikut ini adalah 6 gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk pemula:

1. Gunung Andong, Magelang

Saat ini Gunung Andong yang berada di Kabupaten Magelang merupakan tujuan favorit para pendaki pemula.

Ketinggiannya yang hanya sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan mudahnya rute pendakian menjadikan gunung ini cukup mudah didaki.

Matahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019)Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Matahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019)
Pendakian Gunung Andong juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari base camp menuju puncak.

Selain itu, sudah ada sumber air, warung makan, hingga toilet di jalur pendakian yang semakin memudahkan para pendaki.

Baca juga: Mendaki Gunung Andong yang Ramai seperti Pasar di Akhir Pekan

Saat hari libur terutama libur panjang, Gunung Andong hampir pasti dipadati oleh pendaki. Jika kamu ingin mendaki Gunung Andong, lebih baik jika mendakinya saat weekdays agar tidak terlalu ramai.

2. Gunung Besek, Kismantoro, Kabupaten Wonogiri

Jika kamu ingin mendaki gunung tetapi tidak ingin bersusah payah mendaki, maka Gunung Besek adalah jawabannya.

Terletak di sudut tersembunyi Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Gunung Besek menyimpan pesona keindahan panorama khas pegunungan.

Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.
Menuju Gunung Besek tidak memerlukan perjuangan untuk mendakinya. Bahkan dari area parkir hingga lokasi tujuan, kondisi jalannya malah cenderung menurun sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Baca juga: Pemburu Senja, Cobalah Pergi ke Bukit Widodaren di Wonogiri

Meski demikian, kamu tetap akan mendapatkan sensasi mendaki gunung. Hal itu karena pemandangan yang tersaji begitu memesona. Hamparan perbukitan dan semilir angin akan menerbangkan semua penatmu.

3. Gunung Gandul, Wonogiri

Gunung yang berada dekat dengan Kota Wonogiri ini pas untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung. Area parkir Gunung Gandul bisa dijangkau selama sekitar 30 menit dari Kota Wonogiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X