6 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Kompas.com - 11/06/2019, 11:02 WIB
Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.

KOMPAS.com – Sebagian wilayah Indonesia mulai memasuki musim kemarau pada bulan Juni. Hal itu juga kabar baik bagi para pendaki gunung karena merupakan awal dimulainya musim pendakian.

Namun jika kamu belum pernah mendaki dan ingin merasakan sensasi pendakian, lebih baik untuk mulai mendaki di gunung-gunung dengan rute pendakian yang mudah.

Baca juga: Menikmati Keindahan Hamparan Perbukitan di Gunung Besek, Wonogiri

Beberapa gunung yang mudah didaki ada di Provinsi Jawa Tengah. Berikut ini adalah 6 gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk pemula:

1. Gunung Andong, Magelang

Saat ini Gunung Andong yang berada di Kabupaten Magelang merupakan tujuan favorit para pendaki pemula.

Ketinggiannya yang hanya sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan mudahnya rute pendakian menjadikan gunung ini cukup mudah didaki.

Matahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019)Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Matahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019)
Pendakian Gunung Andong juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari base camp menuju puncak.

Selain itu, sudah ada sumber air, warung makan, hingga toilet di jalur pendakian yang semakin memudahkan para pendaki.

Baca juga: Mendaki Gunung Andong yang Ramai seperti Pasar di Akhir Pekan

Saat hari libur terutama libur panjang, Gunung Andong hampir pasti dipadati oleh pendaki. Jika kamu ingin mendaki Gunung Andong, lebih baik jika mendakinya saat weekdays agar tidak terlalu ramai.

2. Gunung Besek, Kismantoro, Kabupaten Wonogiri

Jika kamu ingin mendaki gunung tetapi tidak ingin bersusah payah mendaki, maka Gunung Besek adalah jawabannya.

Terletak di sudut tersembunyi Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Gunung Besek menyimpan pesona keindahan panorama khas pegunungan.

Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah yang cocok untuk pemula.
Menuju Gunung Besek tidak memerlukan perjuangan untuk mendakinya. Bahkan dari area parkir hingga lokasi tujuan, kondisi jalannya malah cenderung menurun sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Baca juga: Pemburu Senja, Cobalah Pergi ke Bukit Widodaren di Wonogiri

Meski demikian, kamu tetap akan mendapatkan sensasi mendaki gunung. Hal itu karena pemandangan yang tersaji begitu memesona. Hamparan perbukitan dan semilir angin akan menerbangkan semua penatmu.

3. Gunung Gandul, Wonogiri

Gunung yang berada dekat dengan Kota Wonogiri ini pas untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung. Area parkir Gunung Gandul bisa dijangkau selama sekitar 30 menit dari Kota Wonogiri.

Pemandangan Kota Wonogiri dilihat dari Gunung Gandul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pemandangan Kota Wonogiri dilihat dari Gunung Gandul.
Sementara itu, menuju puncak dari area parkir hanya membutuhkan waktu kurang-lebih 15 menit saja dengan jalur yang terdiri dari anak tangga. Jalan setapak berbatu hanya akan dijumpai menjelang puncak.

Baca juga: Di Gunung Ini, Kamu Bisa ke Puncak Cuma Naik Motor...

Dari puncak Gunung Gandul tersaji pemandangan terbuka ke arah timur. Kota Wonogiri yang damai tampak menawan dari atas. Jika cuaca cerah, Gunung Lawu akan terlihat begitu gagah di kaki langit sebelah timur.

4. Bukit Mongkrang, Karanganyar

Kebanyakan orang mengira jika jalur pendakian di Kabupaten Karanganyar hanyalah menuju puncak Gunung Lawu saja. Namun ada satu jalur pendakian lain yang belum lama ini dibuka, yakni menuju Bukit Mongkrang.

Wisatawan berfoto di Bukit Mongkrang, Karanganyar, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Wisatawan berfoto di Bukit Mongkrang, Karanganyar, Jawa Tengah.
Bukit ini berada di sebelah selatan dari Gunung Lawu. Jalur pendakiannya bisa dimulai dari Tlogo Dlingo. Saat ini pendakian Bukit Mongkrang menjadi favorit pendakian karena waktu tempuh ke puncak yang hanya sekitar satu jam.

Baca juga: Pesona Keindahan “Sunrise” di Gunung Ireng, Gunungkidul

Namun, puncak yang sekarang banyak dikunjungi wisatawan adalah Candi Mongkrang 1. Sementara masih ada puncak yang lebih tinggi lagi, yakni Candi Mongkrang 2 dan Jobolarangan.

5. Gunung Sepikul, Sukoharjo

Kabupaten Sukoharjo yang sebagian besar terdiri dari dataran rendah ternyata memiliki gunung. Salah satu gunung yang dimiliki kabupaten dengan semboyan Makmur ini adalah Gunung Sepikul.

Sejoli sedang melakukan sesi foto Prewedding di Puncak Gunung SepikulKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Sejoli sedang melakukan sesi foto Prewedding di Puncak Gunung Sepikul
Meski tidak tinggi, Gunung Sepikul tetap menawarkan pesona pemandangan dari ketinggian yang begitu indah. Perjalanan ke puncak pun begitu singkat, yakni hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit saja.

Kondisi jalur pendakian juga tidaklah sulit. Jalan setapak sudah sangat jelas dan mudah untuk dilalui. Gunung Sepikul juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

6. Gunung Gajah Mungkur, Sukoharjo

Selain Gunung Sepikul, Kabupaten Sukoharjo ternyata memiliki gunung lain yang cocok untuk pendaki pemula, yakni Gunung Gajah Mungkur. Gunung ini masih belum begitu dikenal oleh banyak orang.

Seorang pendaki berdiri di puncak Gunung Gajah Mungkur, Sukoharjo, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Seorang pendaki berdiri di puncak Gunung Gajah Mungkur, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Berdasarkan Google Maps, Puncak Gunung Gajah Mungkur masih berada di Kabupaten Sukoharjo. Namun pendakian biasanya dimulai dari Dusun Pringapus, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Wonogiri.

Pendakian ke puncak Gunung Gajah Mungkur hanya membutuhkan waktu antara setengah sampai satu jam dengan rute yang cukup mudah.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X