Gunung Andong, Salah Satu Tempat Terbaik Memotret Bima Sakti

Kompas.com - 05/12/2018, 15:11 WIB
Pesona keindahan malam di langit barat Gunung Andong meliputi gerhana bulan dan planet mars, gemerlap bintang, dan Gunung Sindoro, Sumbing, serta Prau Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPesona keindahan malam di langit barat Gunung Andong meliputi gerhana bulan dan planet mars, gemerlap bintang, dan Gunung Sindoro, Sumbing, serta Prau

MAGELANG, KOMPAS.com -  Gunung Andong yang berada di Jawa Tengah memang terkenal sebagai surganya para pendaki pemula.

Memiliki ketinggian 1726 meter di atas permukaan laut (mdpl), puncak gunung ini bisa dijangkau hanya dengan berjalan sekitar satu sampai dua jam saja.

Panorama ke segala arah di gunung setinggi 1.726 mdpl ini pun begitu memesona. Ketika cuaca cerah, maka Gunung Merbabu yang menjulang setinggi 3.142 mdpl akan tampak begitu gagah di sisi selatan. Di belakangnya, tampak pula Gunung Merapi.

Sebelah utara menyajikan pemandangan Gunung Ungaran setinggi 2.050 mdpl. Sisi timur menyajikan Gunung Telomoyo dengan beberapa menara komunikasi di puncaknya. Sunrise di pagi hari pun tampak begitu indah jika cuaca cerah.

Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.

Sementara itu di kaki langit sebelah barat, panorama tidak kalah memesona. Tampak dua gunung yang berdiri berdampingan, yakni Sumbing setinggi 3.371 mdpl di sebelah kiri dan Sindoro dengan keitinggian 3.136 mdpl di sebelah kanan.

Maka dari itu, Gunung Andong selalu diserbu oleh banyak pendaki, terutama ketika long weekend. Bahkan saking banyaknya orang, seringkali pendaki tidak mendapatkan tempat berkemah di area puncak.

Pesona panorama malam

Keindahan yang bisa disaksikan dari Gunung Andong tidak hanya tersaji ketika matahari menyinari langit. Usai Sang Surya terbenam pun keindahan di Gunung Andong tidak lantas pudar.

Jika cuaca cerah, maka bintang-bintang akan menghias angkasa bagaikan taburan berlian di langit malam. Tak hanya di langit, kerlap-kerlip cahaya lampu dataran rendah juga tak kalah indah bak bintang dunia.

Tentu kondisi seperti itu menjadi kesukaan para pemburu foto malam. Tak jarang para fotografer rela bertahan di tengah dinginnya udara malam untuk mengabadikan keindahan panorama malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X