Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2019, 09:04 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com Bukit Gondopurowangi belakangan ini memang menghiasi beberapa akun Instagram dengan tema wisata di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya seperti @folk.jogja, @magelang, atau @kotamagelang.

Memang nama tersebut masih cukup asing di telinga masyarakat, bahkan bagi masyarakat Magelang. Itu wajar karena obyek wisata ini relatif masih baru sehingga belum banyak orang yang berkunjung ke sana.

Baca juga: Bukit Gondopurowangi Magelang, Tempat Menikmati Keindahan “Sebelum Cahaya”

Oleh karena itu, Bukit Gondopurowangi paling pas bagi mereka yang ingin mengeksplor tempat-tempat baru. Selain itu, obyek wisata ini juga cocok bagi mereka yang ingin mencari ketenangan dan menikmati kesunyian alam.

Bukit Gondopurowangi tepatnya terletak di Dusun Kemloko 1 (dulu Dusun Gempal), Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Magelang. Jarak tempuh dari Kota Magelang adalah sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Menuju Bukit Gondopurowangi dari Yogyakarta

KompasTravel berkesempatan berkunjung ke Bukit Gondopurowangi pada Senin dini hari (22/07/2019). Saat itu perjalanan tidak dimulai dari Magelang, melainkan dari Kota Yogyakarta.

Jika mencari Bukit Gondopurowangi di Google Maps, maka lokasi itu tidak akan ditemukan karena yang ada ialah Gondo Purowangi Sunrise. Menurut pantauan KompasTravel, titik lokasi di aplikasi petunjuk jalan itu memang sudah sesuai.

Baca juga: Punthuk Mongkrong, Spot “Sunrise” Menawan dekat Candi Borobudur

Perjalanan dari Kota Yogyakarta bisa ditempuh melalui Jalan Nanggulan-Mendut. Jalan itu mengarah ke utara. Jika terus diikuti, maka jalan itu nanti akan sampai di Candi Mendut, Magelang.

Rute menuju Bukit Gondopurowangi dari Kota Yogyakarta menurut Google Maps (22/07/2019).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Rute menuju Bukit Gondopurowangi dari Kota Yogyakarta menurut Google Maps (22/07/2019).

Mengikuti Google Maps dari berangkat, maka pertama-tama perjalanan akan diarahkan menuju Perempatan Dekso. Selanjutnya perjalanan berlanjut ke arah utara menyusuri Jalan Nanggulan-Mendut. Lurus saja ikuti jalan utama sejauh sekitar 11 kilometer.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berbelok kiri di Jalan Alternatif Nanggulan-Borobudur sejauh sekitar 270 meter. Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti plang penunjuk jalan menuju Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kenalan.

Kondisi jalan sudah masuk kawasan pegunungan yang cukup sempit, menanjak, dan berkelok. Bahkan Google Maps bisa jadi meminta belok di tempat yang tidak ada belokannya. Meski demikian, jalan ke Balkondes Kenalan cukup mudah diikuti jika mengikuti plang petunjuk jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com