Kondisi Kritis, Seorang Pendaki di Gunung Kerinci Butuh Dievakuasi

Kompas.com - 19/08/2019, 11:42 WIB
Pendaki di Gunung Kerinci Dok. APGI / Ade WahyudiPendaki di Gunung Kerinci

SOLO, KOMPAS.com - Seorang pendaki asal Pematang Siantar, Sumatera Utara, Iglesias Sinaga ditemukan dalam kondisi kritis saat mendaki Gunung Kerinci, Jambi, Senin (19/8).

Pemandu gunung dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Ade Wahyudi atau akrab disapa Dewe yang membantu menangani korban, mengatakan Iglesias kini terbaring di dalam tenda.

“Saya udah lihat korban. Mereka naik berenam dengan temannya. Kondisi terakhir barusan saya cek di tenda, gak bisa di pastikan, masih kritis tapi juga gak bisa dikasih bantuan medis karena keluar cairan dari hidung begitu saya mau cek nadi leher,” kata Dewe kepada KompasTravel, Senin (19/8).

Baca juga: Gunung Kerinci Erupsi, Penerbangan Garuda Indonesia Tak Terdampak

Ia menyebut, berdasarkan keterangan rekan pendakiannya, Iglesias sudah mengalami gejala sakit sejak kemarin. Keadaannya makin memburuk pada Senin dini hari.

“Butuh dievakuasi secepatnya ini, mohon bantuannya ke shelter 3,” tambah Dewe.

Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Kerinci juga merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X