Ria Ricis Makan Gurita Hidup, Ini Bedanya dengan Sannakji Hidangan Gurita Hidup Khas Korea

Kompas.com - 01/09/2019, 11:56 WIB
Sannakji, hidangan khas Korea terbuat dari gurita hidup yang dipotong-potong Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Sannakji, hidangan khas Korea terbuat dari gurita hidup yang dipotong-potong

KOMPAS.com - Ria Ricis mendapat kecaman dari Garda Satwa Indonesia karena video Youtube-nya yang berjudul "PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! Mukbang KOREA tersiksa!" yang tayang pada Kamis (22/8/2019).

Ria Ricis berkata bahwa hidangan semacam ini hanya ada di Korea. Di Korea sendiri, salah satu hidangan yang memakai gurita hidup adalah sannakji. Namun hidangan ini berbeda dengan apa yang dimakan Ria Ricis.

Dilansir dari situs makanan Eat in Korea, bagi orang asing, sebenarnya sannajki adalah makanan yang kontroversial. Hal ini dikarenakan proses makan yang dianggap tidak biasa.

Baca juga: Mengapa Orang Korea Makan Gurita Hidup?

Bahan utama sannakji adalah gurita jenis Octopus minor atau nakji (secara harafiah berarti "bayi gurita"). Gurita ini memiliki bentuk kecil berlengan panjang, serta hidup di pesisir laut sekitar Korea, Jepan, dan China. 

Sannakji merupakan hidangan serupa sashimi. Itu artinya gurita yang dimakan masih segar kemudian dipotong kecil atau digunting. Potongan gurita tersebut masih menggeliat saat disajikan di piring. Lalu ditaburi minyak wijen dan biji wijen panggang.

Cara memakannya adalah dicocol dengan saus dan dan langsung disantap. Banyak yang percaya rasa gurita hidup jauh lebih nikmat ketika hidup ketimbang sudah mati baru dimasak.

Ada cara lain untuk menyantap sannakji, yaitu dengan cara tidak memotongnya. Jadi dimakan utuh satu suapan dari kepala sampai kaki gurita kecil. Gurita hidup digulung kemudian dicocol di saus lalu dimakan. Hanya saja, cara ini terbilang dihindari oleh masyarakat Korea.

Cara ini tidak disukai karena terbilang berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan tersedak yang berujung pada ke kematian.

Selain itu, memakan sannakji walau sudah dipotong-potong harus tetap dikunyah dengan baik sebelum ditelan. Karena lengan gurita penuh dengan bulatan penghisap sehingga bisa saja menempel di kerongkongan jika tidak dilumat dengan baik. Hal ini pun bisa berujung pada kasus tersedak.

Sannakji umumnya disantap dengan saus, kimchi, dam minuman beralkohol di Korea Selatan. Apa yang berbeda dengan sannakji dan yang disantap oleh Ria Ricis adalah proses makannya.

Jika dilihat dari videonya, Ria Ricis menyantap gurita mentah tanpa dipotong dan langsung disantap. Selain itu, ukurannya lebih besar dibanding gurita yang dimakan hidup-hidup di Korea Selatan. Terlepas dari masih hidup atau tidak gurita yang ia santap.

Sannakji sendiri merupakan hidangan eksotis Korea yang kerap diincar wisatawan asing saat berkunjung ke negara ini. Pada tahun 2018, The Korea Tourism Organization (KTO) mengadakan survei melalui media sosial mengenai makanan Korea yang tidak terlalu dikenal yang ingin mereka coba.

Sebanyak 26 persen responden menjawab sannakji. Seperti dikutip dari Koreantimes.co.kr, beberapa tahun belakangan ini makan sannakji menjadi tren di kalangan turis asing yang datang ke Korea Selatan sebagai sebuah pengalaman wisata penuh tantangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X