Ada Visa Turis, Yuk Ketahui 5 Wisata Sejarah di Arab Saudi

Kompas.com - 28/09/2019, 23:25 WIB
Kota Suci Makkah ShutterstockKota Suci Makkah

JAKARTA, KOMPAS.com - Arab Saudi baru-baru ini mengumumkan visa kunjungan turis untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya, Arab Saudi hanya memberikan visa kunjungan untuk pekerja beserta keluarganya dan kunjungan ziarah umat Muslim seperti umroh dan haji.

Baca juga: Cetak Sejarah, Arab Saudi Kini Resmi Terbuka untuk Pariwisata dan Terbitkan Visa Turis

Selain tempat beribadah umat Muslim, Arab Saudi menyimpan tempat wisata yang patut dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO.

1. Oasis Al-Ahsa

Oasis Al-Ahsa terletak di wilayah Arab Saudi Timur. Mata air tawar alami ini telah muncul di wilayah tersebut sejak ribuan tahun yang lalu.

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat bersejarah. Pasalnya di sekitar mata air itu menjadi tempat tinggal bagi manusia prasejarah pada masa lalu.

Wisatawan bisa melihat bagaimana peradapan tempo dulu ala negara timur tengah ini. Oasis Al-Asha merupakan usulan Kerajaan Arab Saudi agar menjadi situs warisan dunia.

Al-Ahsa Oasis terdiri dari taman, kanal, mata air, sumur dan danau drainase, serta bangunan bersejarah, bangunan kota, dan situs arkeologi.

2. Situs Arkeologi Al-Hijr (Madâin Sâlih)

Situs Arkeologi Al-Hijr (Madâin Sâlih) adalah bangunana dan sarana,prasarana bersejarah warisan dunia pertama yang dituliskan di Arab Saudi.

Dulunya dikenal sebagai Hegra, itu adalah situs konservasi terbesar dari peradaban Nabatea di selatan Petra di Yordania.

Situs ini juga menampilkan sekitar 50 prasasti dari periode pra-Nabatea dan beberapa lukiasan gua. Al-Hijr memberikan gambaran unik untuk peradaban Nabatea.

Terdapat 111 makamnya yang monumental, dan sumur air. Situs ini adalah contoh luar biasa dari pencapaian arsitektur dan keahlian hidraulik Nabatea.

Nabatean sendiri adalah sekelompok bangsa Arab kuno yang menetap di daerah Yordania. Suku Nabath adalah cikal bakal kaum Nabi Shaleh, yakni Tsamud.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X