Kompas.com - 30/09/2019, 07:05 WIB
Pengerjaan untuk menghancurkan Merlion Sentosa akan dimulai di akhir tahun THE STRAITS TIMESPengerjaan untuk menghancurkan Merlion Sentosa akan dimulai di akhir tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Patung Merlion tertinggi dan terbesar di Singapura akan dihancurkan untuk membuat jalur baru.

Baca juga: Patung Merlion Terbesar di Singapura Bakal Dibongkar

Jalur yang menghubungkan pantai utara dan selatan Sentosa ini merupakan bagian dari rencana pembaharuan Resort World Sentosa (RSW) dan Pulau Brani. Masyarakat masih dapat mengunjungi Merlion hingga 20 Oktober.

Berikut adalah enam hal yang perlu diketahui tentang ikon Singapura yang paling terkenal ini seperti dikutip dari Asiaone.com:

1. Mitologi Negara Singapura

Dengan kepala singa dan tubuh ikan, Merlion dirancang pada tahun 1964 oleh ahli zoologi Inggris Alec Fraser-Brunner untuk menjadi logo Singapore Tourist Promotion Board, yang sekarang menjadi Singapore Tourism Board (STB).

Baca juga: Serba Instagramable, Contek Itinerary Wisata 2 Hari di Singapura Ini

Ikan melambangkan permulaan negara itu sebagai "desa nelayan". Namun, hal itu dibantah oleh catatan sejarah yang menunjukkan bahwa Singapura adalah pelabuhan yang berkembang sejak abad ke-14.

Singa merujuk pada Sang Nila Utama, pangeran Sriwijaya yang mengaku sebagai pemberi nama Singapura yang berarti "kota singa" dalam bahasa Sansekerta. Namun, singa sendiri tidak pernah tercatat sebagai fauna asli Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.