KILAS

Lewat Sport Tourism, Kemenpar Promosikan Keindahan Alam Magelang

Kompas.com - 07/10/2019, 14:30 WIB
Peserta lari MesaStila Challenge Ultra 2014 memasuki Stasiun Bedono, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (12/10/2014). KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Peserta lari MesaStila Challenge Ultra 2014 memasuki Stasiun Bedono, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (12/10/2014).

KOMPAS.com - Ajang sport tourism merupakan salah satu cara efektif untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai destinasi pariwisata Indonesia kepada wisatawan.

Pasalnya, ajang ini mengombinasikan aktivitas olahraga dengan keindahan alam Indonesia. Salah satu contonya adalah ajang “MesaStila 100” yang diselenggarakan di Magelang, Jawa Tengah, pada 4-6 Oktober 2019 lalu.

Lomba marathon trail itu memberikan pengalaman berlari menjelajahi gunung- gunung di sekitar wilayah Magelang.

Adapun gunung yang dilewati, yakni Gunung Andong (1.726 mdpl), Merbabu (3.145 mdpl), Merapi (2.930 mdpl), Telomoyo (1.894 mdpl), dan Gilipetung (1.400 mdpl).

Maraton yang sebelumnya bernama MesaStila Peaks Challenge itu memiliki beberapa kategori, yaitu 170 kilometer (K), 100K, 65K, 42K, dan 21K.

Baca juga: Pagi yang Menakjubkan di Magelang

Kejuaraan yang digelar untuk kesembilan kalinya itu pun cukup diminati para pelari. Tahun ini, tercatat 338 pelari dari 21 negara ikut ambil bagian dalam lomba maraton yang digelar di MesaStila Resort and Spa Magelang tersebut.

Melihat animo peserta yang tinggi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap untuk terus mengembangkan sports tourism. Baginya, alam dan kekayaan budaya Jawa harus dikombinasikan demi mengangkat pamor Jawa Tengah.

“Di tengah persaingan sports tourism yang dikembangkan provinsi dan kabupaten lain di Indonesia, Magelang punya keunggulan karena memiliki nuansa alam dan budaya. Ini keren sekali, apalagi pemerintah pusat pun sudah mendukung,” jelas Ganjar.

Adapun ajang MesaStila 100 merupakan hasil kolaborasi dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), MesaStila Resort and Spa Magelang, komunitas lari, serta Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang.

Baca juga: Rute Menuju Bukit Gondopurowangi, Spot Sunrise Baru di Magelang

Kolaborasi itu pun mendapat pujian dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menurutnya, kolaborasi hebat akan menghasilkan acara yang solid pula.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X