Cara Membuat Kerak Telor, Kuliner Betawi yang Melegenda

Kompas.com - 13/10/2019, 10:00 WIB
Kuliner khas Betawi yaitu kerak telor, ikut meramaikan bazar Gelar Seni Budaya Kampung Silat Rawa Belong, Jakarta, Sabtu (12/10/2019). Nicholas Ryan AdityaKuliner khas Betawi yaitu kerak telor, ikut meramaikan bazar Gelar Seni Budaya Kampung Silat Rawa Belong, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu makanan khas Betawi yang telah melegenda adalah kerak telor. Makanan warisan dan merupakan tradisi budaya Betawi ini memang sudah jarang ditemui di masa kini.

Kerak telor lebih sering ditemui hanya pada saat bazar dan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diselenggarakan sekali dalam setahun.

Pedagang kerak telor dikenal banyak berasal dari Buncit, Mampang, Jakarta Selatan. Namun, berbeda dengan Romli, salah satu pedagang kerak telor asal Condet, Jakarta Timur yang berjualan di bazar kuliner Gelar Seni Budaya Kampung Silat Rawa Belong, Sabtu (12/10/2019).

Baca juga: 7 Tempat Wisata untuk Berburu Kerak Telor, Kuliner Khas Jakarta

Pria 57 tahun ini sudah 28 tahun menggeluti bidang memasak makanan berbahan dasar beras ketan. Pria yang akrab disapa Babeh Romli ini mengatakan resep dari leluhurnya ketika membuat kerak telor selalu ia jaga.

Rasa dari kerak telor Babeh Romli terbilang nikmat dan terasa sekali beras ketannya. Kompas.com lalu bertanya apa resep agar kerak telor itu terasa gurih dan nikmat dan jadi kegemaran masyarakat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X