KILAS

Menpar Arief Jadi Salah Satu Menteri dengan Kinerja Paling Memuaskan

Kompas.com - 14/10/2019, 17:13 WIB
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dok KemenparMenteri Pariwisata Arief Yahya.

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menempati peringkat empat menteri dengan kinerja memuaskan pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019.

Adapun peringkat tersebut diperoleh berdasarkan hasil penelitian yang diselenggarakan Alvara Research Center pada 12-31 Agustus 2019 lalu.

Penelitian itu merupakan survei yang melibatkan masyarakat untuk mengetahui 10 besar menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi.

Menurut CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, Arief disukai karena sektor pariwisata tumbuh menjadi core ekonomi bangsa dan menjadi mesin penghasil devisa terbesar kedua di Indonesia saat ini, 19,2 miliar dollar AS.

Baca juga: Pelaku Industri Pariwisata Bali Doakan Arief Yahya Kembali Jadi Menteri

Dari sisi jumlah wisatawan mancanegara (wisman), sektor pariwisata mencatatkan pertumbuhan positif mencapai 15.8 juta wisman pada 2018.

Bagi Hasanuddin, tren yang terus menanjak tersebut membuat publik memberikan apresiasi besar terhadap kinerja Arief Yahya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meraih peringkat pertama. Peringkat kedua ditempat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Selanjutnya, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Adapun Arief Yahya menempati posisi keempat dan peringkat kelima diisi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca juga: Pariwisata Berkembang Pesat, Arief Yahya Dinobatkan Jadi Menteri Berprestasi

"Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi kinerja menteri dengan nilai 91,95 persen," kata Hasanuddin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Disusul, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 84,07 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani 83,39 persen. Menteri Pariwisata Arief Yahya meraih 82,38 persen, sedangkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapat 82,14 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X