Roti Gambang Berasal dari Mana? Ini Asal Usulnya

Kompas.com - 19/10/2019, 09:31 WIB
Roti Gambang menjadi menu sarapan yang cocok ditemani dengan kopi. Roti ini digemari sejak era kolonial Belanda. ShutterstockRoti Gambang menjadi menu sarapan yang cocok ditemani dengan kopi. Roti ini digemari sejak era kolonial Belanda.


JAKARTA, KOMPAS.comRoti Gambang atau biasa dikenal dengan nama Roti Ganjel Rel merupakan makanan khas berupa roti dari Indonesia.

Orang mengenalnya sebagai roti gambang Betawi dan roti gambang Semarang. Tak heran, karena roti ini diprediksi berasal dari Jakarta dan Semarang.

Namun, roti ini lebih dikenal dengan nama Roti Ganjel Rel jika di Semarang. Roti ini sudah ada sejak era kolonial Belanda. 

Sebutan roti gambang muncul karena bentuk rotinya dianggap Belanda mirip gambang, sebuah alat musik tradisional yang mana terdapat di Jakarta dengan nama Gambang Kromong.

Sementara itu, ada pula kesenian serupa di Semarang dan disebut sebagai Gambang Semarang.

Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel di Semarang, bentuknya sama, nama berbeda. Shutterstock Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel di Semarang, bentuknya sama, nama berbeda.

Menurut Budayawan Betawi Yahya Adi Saputra, pada zaman kolonial, orang Belanda yang membuat perusahaan roti di Batavia kerap melihat bentuk alat musik gambang yang unik. Mereka terinspirasi dari bentuk Gambang Kromong.

“Jadi dulu itu perusahaan roti Belanda di Batavia, mereka memilih bentuk roti yang seperti bilah-bilah pada gambang kromong," kata Yahya ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

"Kalau kamu lihat itu bilah-bilah gambang di gambang kromong, nah yang seperti itulah, bentuknya dari gambang, maka dikaitkan lah dengan roti gambang, mirip gitu lah,” katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X