Berburu Jajanan Manis di Solo, Kampung Halaman Jokowi

Kompas.com - 21/10/2019, 06:00 WIB
Dawet telasih Bu Dermi di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIDawet telasih Bu Dermi di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.


KOMPAS.com - Solo sebagai kampung halaman Presiden Joko Widodo menyimpan jajanan manis yang pantas untuk dijajal. Kota yang terkenal dengan lagu Bengawan Solo menghadirkan makanan manis yang nikmat dan ramah di kantong.

Sajian bercita rasa manis racikan tangan-tangan orang Solo memang bisa membuat penikmatnya jatuh hati.

Kota dengan julukan Spirit of Java ini cocok bagi kamu yang suka berburu makanan manis. Berikut lima makanan manis yang wajib dicicipi di Solo:

1. Dawet Telasih, Bu Dermi

Es Dawet Telasih di Pasar Gede Solo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Es Dawet Telasih di Pasar Gede Solo.

Dawet Telasih merupakan satu minuman khas Solo yang berada di dalam Pasar Gede Surakarta.

Satu mangkok dawet telasih memiliki beragam isi, yang pertama yaitu biji telasih itu sendiri yang berbentuk bintik-bintik hitam, jenang sum-sum yang berwarna putih, cendol yang berwarna hijau dan ketan hitam.

Satu mangkok kudapan manis ini berwarna bening dan putih karena tidak mengunakan gula jawa sebagai pemanis tetapi mengunakan gula pasir yang dilarutkan. Dawet Telasih, Bu Dermi menjadi kesukaan para pelancong dari luar Kota Solo dan warga Solo sendiri.

Baca juga: Blusukan di Pasar Gede Solo, Nikmati Kesegaran Es Dawet Telasih

Dawet Telasih, Bu Dermi berada di depan blok jamu racik Pasar Gede Solo. Satu mangkok dawet dijual seharga Rp 10.000.

Cukup terbilang mahal untuk minuman dawet, tetapi untuk rasa Dawet Telasih, Bu Dermi tidak ada tandingannya. Datang sekitar pukul 07.00-08.00 WIB sangat disarankan agar tidak kehabisan dawet khas Kota Solo ini.

Hidangan Dawet Telasih bisa dibungkus untuk dibawa pulang. Siapkan tambahan uang agar bisa membawa pulang Dawet Telasih.

Jangan kaget jika ketika kamu datang tidak ada tempat duduk atau harus meminum dawet sambil berdiri. Dawet ini sangat terkenal dan banyak yang mencari.

2. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman Ny. Lidia yang legendaris di Kota Solo.KOMPAS.com / Gabriella Wijaya Serabi Notosuman Ny. Lidia yang legendaris di Kota Solo.

Serabi Notosuman sudah ada sejak tahun 1920-an dan menjadi kuliner buruan orang.

Serabi Notosuman ini berbeda dengan serabi dari daerah daerah lain.

Serabi Notosuman digulung lalu dibungkus mengunakan daun pisang dan dihidangkan tidak menggunakan kuah sehingga langsung bisa di makan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X