Kompas.com - 05/11/2019, 15:00 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com - Bandara Internasional Syamsudin Noor akan diresmikan Desember 2019.

"Bulan Desember nanti, Presiden Jokowi juga akan meresmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor yang statusnya jadi bandara internasional," kata Supiah HK, Ketua Komisi III DPRD Kalsel di acara Calender of Events dan Visit Kalimantan Selatan 2020, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, (4/11/2019).

Baca juga: Saatnya Pelesir ke Kalimantan Selatan, Ada 32 Event Wisata Tahun 2020

Supiah HK berharap setelah diresmikan Bandara Syamsudin Noor dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan dalam negeri dan mancanegara. 

Bandara Syamsudin Noor mengambil konsep green airport. Selain adanya ruang terbuka hijau, aspek pencahayaan hingga suhu ruangan juga akan diperhatikan. 

Saat ini Bandara Syamsudin Noor memiliki rute penerbangan langsung ke kota-kota besar di Indonesia antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, serta Palangkaraya.


"Sebagai salah satu prioritas pembangunan daerah kami tentunya saat ini sedang giat-giatnya membangun berbagai infrastruktur untuk mendukung pengembangan pariwisata yang ada di kalimantan selatan ini," kata Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan ditemui di acara yang sama.

Deputi Bidang Pegembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayani Giri mengingatkan agar pemerintah Kalsel tidak hanya memperhatikan pembangunan infrastruktur melainkan juga SDM untuk menyambut wisatawan yang hadir.

Baca juga: 4 Tempat Ini Tak Boleh Dilewatkan Saat Berwisata di Kalimantan Selatan

"SDM bukan hanya pejaban atau staf yang ada dilingkungan pemerintah daerahnya tetapi juga bagaimana masyarakat itu dapat menyambut wisatawan dengan baik. Oleh karena itu untuk pelaksanaan ini ada edukasi yang diberikan kepada masyarakat dalam peningkatan kapasitasnya," Ni Wayani Giri.

Kalimantan Selatan sendiri memiliki sejumlah destinasi wisata alam menarik, seperti Kawasan Wisata Loksado, Kawasan Tahura, Pulau Kaget, Ecotourism Samber Gelap, dan Kerbau Rawa Danau Panggan.

Selain itu, ada pula destinasi budaya dan kuliner, seperti Pasar Terapung Lok Bintan, Pendulangan Intan Cempaka, Candi Agung Amungau, Kelapayan, dan Desa Wisata Dayak Halong.

Baca juga: Cita-cita Kalimantan Selatan: Tak Tergantung Tambang, Lirik Pariwisata

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.