Kompas.com - 05/11/2019, 18:39 WIB
Parade budaya yang berlangsung saat pembukaan Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival di Tabanan, Bali. Festival ini berlangsung hingga 14 Agustus 2016 mendatang. Kompas.com/SastriParade budaya yang berlangsung saat pembukaan Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival di Tabanan, Bali. Festival ini berlangsung hingga 14 Agustus 2016 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengakui bahwa industri MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition) memiliki potensi luar biasa.

"Bagusnya (turis) MICE sekali datang tidak cuma berdua, bahkan bisa ribuan," katanya dalam acara Ngopi Bareng Mas Tama dan Mba Angela, di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Ia mengakui sudah berkonsultasi dengan penyelenggara MICE dari luar yang paham tentang Indonesia.

"Apa yang disampaikan luar biasa," tuturnya.

Namun ia menuturkan pihaknya masih berdiskusi mengenai apa saja yang perlu dirubah, termasuk struktur di kementerian.

Baca juga: Wishnutama Garap Event, Pelaku MICE Minta Event Internasional Selain di Jakarta dan Bali

Sebagai gambaran, selama dua periode era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan memiliki direktorat MICE, yang dipimpin langsung oleh seorang direktur, setara eselon 2.

Direktorat MICE berdiri sejak 2007. Namun struktur ini dihapus saat Kementerian Pariwisata pada masa Presiden Joko Widodo periode pertama.

Megenai event

 

Jajaran pejabat Kementerian Pariwisata Indonesia di M Block, Kamis (5/11/2019). Kompas.com/ Ni Luh Made Pertiwi Jajaran pejabat Kementerian Pariwisata Indonesia di M Block, Kamis (5/11/2019).

Sementara itu, mengenai event sebagai salah satu bagian industri MICE, Wishnutama menuturkan bahwa akan lebih mendukung dan mengkoordinasi event.

"Harus ada event besar, yang punya daya tarik luar biasa," katanya.

Termasuk program Calender of Event yang berisi 100 event dari 34 provinsi di Indonesia.

"Event 100 akan kita pilih dan kita jadikan daya tarik," katanya.

Baca juga: Sosok Menteri Pariwisata yang Diharapkan Pelaku Industri MICE

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.