Traveling ke Semarang dengan Pesawat dan Bus, Mana Lebih Nyaman?

Kompas.com - 16/11/2019, 11:00 WIB
Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542 yang menjadi kendaraan untuk roadtrip Ungaran-Jakarta melalui tol trans Jawa Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542 yang menjadi kendaraan untuk roadtrip Ungaran-Jakarta melalui tol trans Jawa

SEMARANG, KOMPAS.COM – Saat melakukan perjalanan jauh, pejalan biasanya memiliki pertimbangan dalam memilih moda transportasi. Faktor kenyamanan biasanya jadi pertimbangan penting,

Dalam kunjungan media ke pabrik bus milik Laksana Karoseri di Ungaran, Kabupaten Semarang pada Kamis (14/11/2019), Kompas.com berkesempatan menjajal dua moda transportasi berbeda dalam perjalanan pergi dan pulang yaitu pesawat dan bus.

Pengalaman ini dapat menjadi pembanding, moda transportasi apa yang lebih nyaman ketika harus melakukan perjalanan jarak jauh Jakarta-Semarang. 

Baca juga: 12 Rekomendasi Kuliner Semarang dari Warga Lokal

Perjalanan Jakarta-Semarang dimulai dengan pesawat

Kompas.com berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ke Bandara Ahmad Yani, Semarang menggunakan pesawat. Durasi perjalanan pesawat dari Jakarta ke Semarang memakan waktu sekitar 50 menit

Dengan perjalanan singkat seperti itu, tentu saja memberikan keuntungan tersendiri. Perjalanan terasa nyaman karena tak terlalu lama terjebak duduk di kursi penumpang.

Jadi, walaupun harus duduk di kursi ekonomi, tidak terasa melelahkan karena durasi perjalanan yang singkat.

Selain itu, dengan adanya terminal baru Bandara Ahmad Yani yang telah beroperasi sejak Juni 2018 lalu benar-benar membuat proses kedatangan jadi lebih nyaman.

Terminal baru ini punya bangunan bergaya modern dengan aksen Jawa. Membuat kesan yang menarik bagi para penumpang yang baru mendarat.

Baca juga: Mudik via Tol Trans Jawa, Yuk Mampir ke 5 Wisata di Kabupaten Semarang

Namun, perjalanan dengan pesawat juga memiliki beberapa kerugian. Pertama, lokasi bandara Soekarno-Hatta yang cukup jauh untuk dijangkau, apalagi saat berangkat di rush hour atau jam pergi dan pulang orang kantoran.

Penumpang perlu menyisihkan waktu sekitar dua jam sebelum keberangkatan untuk melakukan proses check in dan masuk bagasi. Belum lagi menyisihkan waktu untuk jalanan Jakarta yang macet. 

Hal yang sama berlaku untuk Bandara Ahmad Yani di Semarang. Dari Ungaran jarak Bandara Ahmad Yani lumayan jauh sekitar 25 kilometer, membuat mobilisasi dari bandara ke tempat tujuan menjadi agak jauh dan melelahkan.

Tak hanya itu saja, harga tiket pesawat pun kondisinya fluktuatif.  Harga tiket domestik saat ini masih cukup mahal.

Beberapa alasan itu yang kemudian membuat moda transportasi jalur darat lain menjadi pilihan, salah satunya adalah bus.

Perjalanan pulang Ungaran-Jakarta dengan bus

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X