Tapanuli Utara, Destinasi Wisata yang Junjung Toleransi

Kompas.com - 04/12/2019, 18:45 WIB
Pengunjung sedang menikmati pemandangan Danau Toba di Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara Kompas.com / Gabriella WijayaPengunjung sedang menikmati pemandangan Danau Toba di Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Toleransi dalam keragaman adalah kunci kesuksesan sebuah destinasi wisata. Kabupaten Tapanuli Utara adalah salah satu contohnya.

Daerah yang sohor akan pemandangan Danau Toba ini memegang erat toleransi antar umat beragama, sehingga para wistawan yang datang bisa berwisata dengan nyaman.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengungkapkan, salah satu bentuk toleransinya adalah menyiapkan layanan wisata yang ramah Muslim.

Baca juga: Danau Toba Punya Potensi Wisata Beragam, Ini Bentuk Dukungan Pemerintah

"Iya, Tapanuli (Utara) merupakan tempat wisata ramah Muslim," jelas Nikson saat ditemui di rumah dinasnya di Tapanuli Utara, Selasa, (3/12/2019).

Menurutnya, di setiap Kecamatan di Tapanuli Utara paling tidak terdapat satu Masjid. Selain itu, ada juga rumah makan yang menyediakan makanan khusus wisatawan Muslim.

Beberapa hotel dan penginapan juga menyediakan fasilitas yang membantu umat Muslim dalam melangsungkan ibadahnya di tengah liburan ke Tapanuli Utara, salah satunya penunjuk arah kiblat di setiap kamar hotel.

Bupati Tapanuli Utara Nikson NababanVenue/Erwin Gumilar Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan

Nikson mengungkapkan, hal tersebut bagian dari bentuk toleransi dari masyarakat Tapanuli Utara bagi para wisatawan Muslim.

Hal itu juga dilangsungkan agar wisatawan Muslim dapat berlibur dengan tenang dan nyaman.

"Ini bentuk toleransi. Kami sangat toleransi terhadap kaum Muslim yang hadir untuk berkunjung," jelasnya.

Baca juga: 6 Fakta tentang Danau Toba, Erupsi Purba hingga Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Bagi Nikson, hal tersebut sudah cukup layak diterima bagi wisatawan Muslim.

Ia juga menambahkan jika Kabupaten Tapanuli Utara bukan tempat wisata halal, karena dapat merubah kearifan lokal dan budaya setempat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X