Itinerary Wisata Akhir Pekan di Pasar Lama Tangerang

Kompas.com - 07/12/2019, 20:02 WIB
Klenteng Boen Tek Bio yang jadi klenteng tertua di Tangerang. Setiap harinya selalu ada orang-orang yang bersembahyang di sana Klenteng Boen Tek Bio yang jadi klenteng tertua di Tangerang. Setiap harinya selalu ada orang-orang yang bersembahyang di sana

TANGERANG, KOMPAS.com - Kawasan Pasar Lama Tangerang biasanya dikenal sebagai pusat kawasan kuliner. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai pusat berkembangnya penduduk Cina Benteng. 

Hal itu menyebabkan banyak perpaduan budaya yang menarik di sini. Kawasan ini menyimpan beragam kekayaan budaya, sejarah, dan juga kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini itinerary one day tour atau satu hari penuh yang bisa kamu lakukan kala berwisata seharian di Pasar Lama Tangerang.

Baca juga: Cara Menuju Pasar Lama Tangerang dan Lokasi Kantong Parkir

1. Sarapan pagi

Pagi hari di sini diramaikan dengan adanya pasar tradisional. Keunikan Pasar Lama dari pasar tradisional pada umumnya adalah banyak terdapat ciri khas orang Cina Benteng di sana.

Mulai dari berbagai jenis makanan non halal, kue-kue khas China seperti kue keranjang dan dodol khas Tangerang.

Jika lapar, kamu bisa sarapan dengan banyak pilihan makanan tidak mengandung babi di sini. Ada laksa benteng yang khas, bubur ayam selada, ketoprak, soto mie bogor, ketupat sayur, hingga bakmi ayam.

Baca juga: Laksa Benteng di Pasar Lama Tangerang, Kuah Medok Bikin Semangat Makan

2. Klenteng Boen Tek Bio

Setelah mengisi perut, kamu bisa memulai petualangan penelusuran sejarah kebudayaan cina benteng di sini. Klenteng Boen Tek Bio berada di tengah-tengah keriuhan pasar.

Terlihat mencolok dengan warna merahnya yang khas, klenteng yang sudah ada sejak tahun 1864 ini sampai sekarang masih aktif digunakan untuk ibadah orang Tionghoa.

Klenteng ini jadi rumah ibadah bagi tiga ajaran, yaitu Konghucu, Tao, dan Buddha. Kamu bisa berburu foto di sini sambil memperhatikan umat lalu lalang beribadah.

Pengunjung diperbolehkan mengambil foto di pelataran klenteng, asal tidak mengganggu umat yang sedang beribadah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X