Pedesaan Bertema Mars Akan Dibuka di Gurun Mojave California

Kompas.com - 11/01/2020, 10:08 WIB
Contoh pedesaan yang mengusung tema planet Mars yang baru akan mulai dibangun pada 2021 di gurun Mojave, California, Amerika Serikat. interstellarlab.earthContoh pedesaan yang mengusung tema planet Mars yang baru akan mulai dibangun pada 2021 di gurun Mojave, California, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, terdapat banyak sekali film yang memiliki latar belakang di Planet Mars. Sebut saja 2036 Origin Unknown (2018), The Space Between Us (2017), dan The Martian (2015).

Maka dari itu, mungkin beberapa masyarakat dibuat penasaran akan bagaimana jadinya jika manusia bisa hidup di mars.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa mencoba sensasi kehidupan Planet Mars di Gurun Mojave, California, Amerika Serikat.

Interstellar Lab, sebuah perusahaan riset asal Paris, mengumumkan pada 2019 akan rencana mereka untuk membangun sebuah pedesaan bertema luar angkasa pertama.

Baca juga: Star Wars sampai Aladdin, Ini Gurun Pasir Langganan Syuting Film di Jordania

Dalam rencana membangun desa luar angkasa tersebut, mereka memiliki Gurun Mojave sebagai lokasinya.

Pedesaan yang baru akan dibangun pada 2021 diberi nama Experimental Bioregenerative Station (EBIOS). Menurut mereka, pedesaan tersebut dapat digunakan oleh para astronot untuk membiasakan diri mereka saat tinggal di Mars nanti.

Meski begitu, Interstellar Lab juga mengumumkan bahwa desa tersebut dapat dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan simulasi hidup di planet merah tersebut.

Salah satu contoh ruangan yang dapat ditinggali oleh wisatawan yang berkunjung ke desa yang mengusung tema planet Mars di gurun Mojave, California, Amerika Serikat.interstellarlab.earth Salah satu contoh ruangan yang dapat ditinggali oleh wisatawan yang berkunjung ke desa yang mengusung tema planet Mars di gurun Mojave, California, Amerika Serikat.

“Kedua planet (Mars dan Bumi) memiliki kesamaan. Apa yang harus kita bawa untuk hidup di Mars adalah apa yang harus kita lindungi di Bumi saat ini,” kata CEO Interstellar Lab Barbara Belvisi, melansir dari Travel and Leisure yang mengutip Business Insider, Jumat (10/1/2020).

Desa tersebut nantinya akan memiliki beberapa jaringan bioma (ekosistem) mandiri yang dapat mendaur ulang air, menumbuhkan bahan makanan, dan memproduksi energi yang dapat menyokong kehidupan sebanyak 100 manusia.

Bioma berada di sebuah kubah besar yang memiliki berbagai fungsi. Mulai dari dijadikan tempat untuk menumbuhkan bahan pangan, hingga dijadikan sebagai tempat tinggal. Kamu dapat melihat contoh bioma dalam film The Martian (2015).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X