Ini Gurun Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Gumuk Pasir Parangtritis

Kompas.com - 21/05/2019, 10:05 WIB
Gurun Carcross, Gurun Terkecil di Dunia.Shutterstock Gurun Carcross, Gurun Terkecil di Dunia.

KOMPAS.com – Jika berbicara tentang gurun, satu tempat yang kemungkinan besar muncul dalam benak adalah Sahara. Hal itu wajar karena sekarang ini Sahara memegang predikat sebagai gurun terbesar di dunia.

Namun, gurun di Sahara bukanlah Sahara sematan. Ada banyak gurun yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Setiap gurun pun memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Baca juga: Tak Hanya Afrika, Benua Eropa Juga Punya Gurun

Jika Sahara merupakan gurun terbesar di dunia, lantas manakah gurun terkecil di dunia? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Gurun Carcross. Gurun ini tidak berada di Afrika, melainkan Benua Amerika.

Gurun Carcross tepatnya berada di Carcross, Teritori Yukon, Negara Kanada. Lokasi gurun ini berjarak sekitar 70 kilometer dari ibu kota Teritori Yukon, Whitehorse dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Terbentuknya Gurun Carcross

Sebagai perbandingan, Gurun Sahara memiliki luas 9.100.000 kilometer persegi, sementara Gurun Carcross hanya seluas 2,59 kilometer persegi. Luas itu bahkan lebih kecil daripada Gumuk Pasir Parangtritis yang memiliki luas sekitar 4,1 kilometer persegi.

Jika pasir di Gurun Sahara terbentuk karena pelapukan batuan, pasir Gurun Carcross terbentuk dari endapan danau yang mengering. Dahulu terdapat danau glasial pada periode glasial terakhir. Danau itu kemudian mengering dan tinggal menyisakan pasir.

Sisa pasir dari danau yang telah mengering itu kemudian ditiup oleh angin. Kini kumpulan pasir itulah yang dikenal sebagai Gurun Carcross. Fenomena ini unik karena mampu membentuk gurun yang berbeda dari lainnya.

Baca juga: 3 Gurun Pasir yang Siap Bikin Lupa Keramaian Kota...

Meski disebut sebagai gurun pasir, tetapi Gurun Carcross ini bisa dibilang merupakan rangkaian sand dunes atau bukit pasir. Hal itu karen udara di sana terlalu lembab untuk masuk dalam kategori gurun.

Udara di Gurun Carcross memang lebih lembab dari gurun lainnya. Namun, iklim di gurun ini lebih kering dari daerah sekitarnya. Itu karena efek bayangan hujan yang disebabkan oleh pegunungan sekitarnya.

Saat ini Gurun Carcross merupakan obyek wisata di Negara Kanada. Atraksi wisata yang bisa dilakukan pengunjung salah satunya adalah melakukan sandboarding atau ski pasir.

Selain itu, berbagai aktivitas lain seperti off-road, skydiving, dan all-terrain vehicles juga bisa dilakukan di sini. Semua aktivitas itu hanya bisa dilakukan di luar musim dingin yang juga melanda Gurun Carcross.

Baca juga: Menyambangi Kecantikan Pasir Putih Nampu, Pantai Paling Timur Wonogiri

Sementara di musim dingin, kegiatan wisata masih bisa dilakukan. Beberapa aktivitas wisata di Gurun Carcross saat musim dingin adalah ski lintas alam dan snowboarding atau seluncur salju.




Close Ads X